Misanti, Misanti (2020) MODEL PEMBINAAN AKHLAK BERBASIS SINERGI KELUARGA DAN SEKOLAH (STUDI KASUS DI MI ALAM ISLAMIC CENTER PONOROGO). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
hal depan.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (268kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (517kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (343kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Misanti, 2020. Model Pembinaan Akhlak Berbasis Sinergi Keluarga Dan Sekolah (Studi Kasus Di MI Alam Islamic Center Ponorogo). Skripsi Program S1 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : (1) Drs. Rido Kurnianto, M.Ag (II) Ayok Ariyanto, M.Pd.I Kata Kunci: Pembinaan akhlak, Sinergi, Keluarga dan Sekolah. MI Alam Islamic Center Ponorogo merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mementingkan pembinaan akhlak dalam prses pendidikannya. MI Alam ini sudah melaksanakan program-program pembinaan yang melibatkan orangtua dan sekolah dalam membina akhlak anak. Adanya keterlibatan orangtua dan sekolah dapat memudahkan pendidikan anak usia sekolah dasar di MI Alam Islamic Center Ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk pembinaan akhlak anak dengan melalui kerjasama antara orangtua dan sekolah. Hal ini supaya orangtua mengetahui peran dan tanggungkjawabnya, begitu juga dengan sekolah serta untuk mengetahui pentingnya sebuah kerjasama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil data dari siswa MI Alam Islamic Center Ponorogo sebagai objek penelitian, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk menggali data yang diperlukan dalam penelitian. Hasil penelitian yang peneliti temukan adalah sebagai berikut: (1) Bentuk-bentuk sinergi antara sekolah dan keluarga meliputi home visit yang dilaksanakan setiap semester, parenting yang dilaksanakan setiap bulan, keteladanan dan pendampingan secara beriringan antara guru dan sekolah (2) hasil dari pembinaan akhlak orangtua dan sekolah terhadap anak yaitu terwujudnya ketaqwaan dan ketaatan anak terhadap Allah dengan melaksanakan shalat berjama’ah dan ibadah-ibadah lainnya serta tata kepada orangtua dan guru, kesederhaan dan kedisiplinan dalam setiap aktivitas yang telah dijadwalkan, sabar dalam setiap keadaan, bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan, amanah, jujur dan mandiri dalam aktivitasnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan akhlak, Sinergi, Keluarga dan Sekolah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 06 Jan 2021 04:14 |
Last Modified: | 06 Jan 2021 04:14 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5672 |
Actions (login required)
View Item |