PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DAN V MI ALAM ISLAMIC CENTER PONOROGO

Muhammad Rofi’i, Andik (2020) PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DAN V MI ALAM ISLAMIC CENTER PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Andik Muhammad Rofi’i, 2020. Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV dan V MI Alam Islamic Center Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (I) Dr. Happy Susanto, MA, (II) Ayok Ariyanto, M.Pd.I Kata Kunci: Keterlibatan Orang Tua, Motivasi Belajar, peserta didik Salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik adalah lingkungan keluarga. Oleh sebab itulah MI Alam Islamic Center Ponorogo membuat beberapa program agar peran orang tua dalam pendidikan anak lebih maksimal. Masih adanya sikap orang tua yang kurang peduli terhadap pendidikan anaknya, serta hanya mengandalkan lembaga sekolah dalam meningkatkan pendidikan anak, menjadi salah satu alasan peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait dengan keterlibatan orang tua. Keadaaan yang demikian masih dimiliki oleh sebagaian orang tua. Baik orang tua yang masih dalam keadaan baik, maupun keadaan orang tua yang tidak baik. Tujuan penelitian ini yaitu peneliti benar-benar ingin membuktikan bahwa partisipasi orang tua mempunyai peran yang sangat penting terhadap pendidikan anak. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat memberikan kesadaran bagi orang tua bahwa keterlibatan mereka sangat dibutuhkan. Selain itu, untuk memotivasi orang tua untuk senantiasa meningkatkan peran mereka setelah mengetahui pentingnya akan hal tersebut. Jenis penilitian ini ialah kauntitatif, dengan menggunakan analisis statistik SPSS 20. Untuk menguji item instrument dari masing-masing indikator variabel terlebih dahulu harus melewati uji validitas dan reliabilitas. Adapun metode yang digunakan untuk mengukur besaran pengaruh antara dua variabel menggunakan rumus korelasi dan regresi linear sederhana. Sesuai dengan data instrument penelitian didapatkan hasil rata-rata skor variabel keterlibatan orang tua sebesar 54,1 dan rata-rata skor variabel motivasi belajar peserta didik kelas IV dan IV sebesar 50,5. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan antara keterlibatan orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV dan V MI Alam Islamic Center Ponorogo. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji korelasi sebesar 0,572 yang berarti memiliki hubungan keeratan antara kedua variabel. Juga berdasarkan uji regresi linear sederhana sebesar 0,327 yang berarti keterlibatan orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar dengan sumbangsih pengaruh sebesar 32,7%. Sedangkan 67,3% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Keterlibatan orang tua tidak hanya dapat berdampak positif, namun juga dapat berdampak negative terhadap pendidikan anak tatkala keadaan orang tua yang tidak baik.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan Orang Tua, Motivasi Belajar, peserta didik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 07 Jan 2021 06:14
Last Modified: 07 Jan 2021 06:14
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5688

Actions (login required)

View Item View Item