Fadlillah, M (2017) MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 5 (1). pp. 43-51. ISSN p-ISSN: 2302-6383 e-ISSN: 2502-1648
Text
6. ASLI-MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL.pdf Download (379kB) |
|
Text
Hasil Peer Review Artikel 6 (model kurikulum).pdf Download (740kB) |
|
Text
6. MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI TAMAN KANAK-KANAK.pdf Download (2MB) |
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui: (1) konsep kurikulum pendidikan multikultural di Taman Kanak-Kanak, dan (2) model pengembangan kurikulum pendidikan multikultural di Taman Kanak-Kanak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap kegiatan pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Penelitian ini berhasil menemukan bahwa: (1) konsep kurikulum pendidikan multikultural di Taman Kanak-Kanak merupakan bentuk kurikulum yang memuat materi-materi pendidikan multikultural yang diperuntukkan bagi pembelajaran anak usia dini dalam rangka mengenalkan dan menanamkan sikap kebersamaan, keadilan, dan toleransi pada diri anak. (2) model pengembangan kurikulum pendidikan multikultural di Taman Kanak-Kanak dilakukan dengan menggunakan empat pendekatan, yaitu pendekatan kontribusi, aditif, transformasi, dan aksi sosial. Dari keempat pendekatan tersebut yang dapat diterapkan dalam pendidikan anak usia dini hanya ada dua, yakni: pendekatan kontribusi dan pendekatan aditif
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kurikulum, pendidikan multikulturan, taman kanak-kanak. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 14 Jan 2021 07:06 |
Last Modified: | 15 Jan 2021 01:57 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5754 |
Actions (login required)
View Item |