ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE DALAM IKLAN GOJEK INDONESIA VERSI “eBadah”

Tri Wulandari, Siti (2020) ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE DALAM IKLAN GOJEK INDONESIA VERSI “eBadah”. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah tentang sebuah iklan eBadah oleh Gojek Indonesia di media youtube dan bagaimana makna tanda yang terdapat pada iklan tersebut. Latar belakang dari penelitian ini yakni berdasarkan fenomena yang terjadi tentang adanya pandemic Covid-19 yang masih tersebar hingga saat ini dan himbauan-himbauan apa saja yang dilakukan pemerintah untuk meminimalisir bertambahnya kasus, serta pada iklan eBadah ini terdapat berbagai himbauan dan ditujukan untuk masyarakat yang kurang mengetahui secara luas informasi yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kritik sosial pada setiap adegan iklan eBadah tersebut , Penelitian dilakukan dengan metode analisis semiotika model Charles Sanders Peirce dalam menganalisis datanya. Dimana pada analisis semiotika model Charles Sanders Peirce memiliki tiga elemen utama, yang disebut teori segitiga makna, yakni; tanda (sign), objek (object) dan penggunaan data (interpretant). Dari hasil penelitian ini kita dapat mengetahui bahwa di setiap adegan dalam iklan eBadah terdapat beberapa makna yang terkandung yang terlihat dari gambar yang sudah tertera yang sering terjadi dilingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Iklan, Media Massa, Pesan, Analisis Semiotika
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 02 Feb 2021 04:26
Last Modified: 02 Feb 2021 04:26
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5937

Actions (login required)

View Item View Item