PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI UNTUK PEMBELAJARAN ONLINE

Rahayu, Ria (2020) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI UNTUK PEMBELAJARAN ONLINE. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Rahayu Ria: Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan PMRI untuk Pembelajaran Online. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2020. Penelitian ini bertujuan: (1) Menghasilkan desain pembelajaran matematika yang praktis untuk diterapkan pada pembelajaran online. (2) Mengetahui kualitas desain pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI jika diterapkan pada pembelajaran online dilihat dari aspek kevalidan dan kepraktisan. Pengembangan desain pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI untuk pembelajaran online dilaksanakan sesuai dengan model penelitin pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahapan analisis (analysis) kegiatan yang dilakukan adalah analisis kebutuhan siswa, analisis kurikulum yang bersesuaian dengan materi lingkaran, analisis desain pembelajaran dan bahan ajar. Pada tahap desain (design) kegiatan yang dilakukan adalah penentuan komponen desain pembelajaran yang akan dikembangkan, menyusun instrument validasi, dan menentukan aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran online. Pada tahap pengembangan (development) kegiatan yang dilakukan adalah penyusunan RPP, LKS, pembuatan video pembelajaran, validasi produk, dan revisi produk. Pada tahap implementasi (implementation) dilakukan uji coba produk, produk diuji cobakan kepada 9 siswa SDN 2 Nogosari melalui grup aplikasi whatsapp. Pada tahap evaluasi/penilaian (evaluation) dilakukan analisis penilaian siswa terhadap desain pembelajaran yang telah diterapkan pada pembelajaran online. Kualitas komponen desain pembelajaran yang dikembangkan adalah sebagai berikut: (1) RPP yang dikembangkan dalam penelitian ini mencapai kriteria “valid” dengan presentase mencapai 80,68% yang ditentukan oleh 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi. (2) LKS yang dikembangkan dalam penelitian ini mencapai kriteria yang baik dalam beberapa aspek yakni pada aspek materi mencapai kriteria “sangat valid” dengan presentase mencapai 87,50%, aspek aktifitas mencapai kriteria “sangat valid” dengan presentase mencapai 86,25%, aspek bahasa mencapai kriteria “sangat valid” dengan presentase mencapai 84,37%, dan aspek waktu mencapai kriteria “sangat valid” dengan presentase mencapai 81,25%. Hal ini ditentukan oleh 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi.(3) Video pembelajaran dinyatakan mencapai kriteria “sangat valid” dengan presentase mencapai 85,71% yang ditentukan oleh 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi. (4) Sedangkan hasil penilaian siswa terhadap desain pembelajaran online yang diuji cobakan mencapai kriteria “sangat praktis” dengan presentasi 87,91%.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: desain pembelajaran, pembelajaran online, pendekatan PMRI
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 04 Feb 2021 04:01
Last Modified: 04 Feb 2021 04:01
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5976

Actions (login required)

View Item View Item