KHOIRIYAH, ALIMATUL (2014) PENERAPAN LANGKAH-LANGKAH SEE PLAN DO CHECK DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIIIF SMP NEGERI 1 BUNGKAL TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
Artikel.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (982kB) | Preview |
|
Text
ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
lampiran.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Langkah-Langkah See Plan Do Check, Minat Belajar, Kreativitas Belajar Latar belakang penelitian ini adalah siswa kurang bisa menyelesaikan permasalahan yang berbentuk soal cerita. Banyak siswa yang tidak memperhatikan bahkan cenderung ramai sendiri dengan teman sebangkunnya. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan langkah-langkah see plan do checksebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar dan kreativitas belajar siswa kelas VIIIF SMP Negeri 1 Bungkal Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi siklus. Penelitian ini dilakukan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas dan melibatkan partisipasi siswa, dengan jumlah siswa 23 yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu : 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) hasil observasi, 4) analisis data dan refleksi. Siklus I dilaksanakan dalam empat kali pertemuan dengan alokasi waktu 2x40 menit setiap pertemuan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar dan kreativitas belajar matematika melalui langkah-langkah see plan do check. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil berikut: 1) angket minat belajar siswa pasa saat pra siklus mencapai 73,91%; siklus I 78,26%; siklus II 91,30%, 2) tes kreativitas belajar siswa pada saat pra siklus 17,39%; siklus I 43,47%; siklus II 82,60%, 3) angket kreativitas belajar siswa siklus I 78,26%; siklus II 91,30%. Hal ini membuktikan bahwa langkah-langkah see plan do check dapat meningkatkan minat dan kreativitas belajar matematika siswa kelas VIIIF SMP Negeri 1 Bungkal Tahun Pelajaran 2013/2014 pada materi kubus, balok, prisma, dan limas. Peningkatan tersebut terjadi setelah guru dan peneliti melakukan beberapa upaya antara lain: 1) guru lebih membimbing siswa dalam proses belajar mengajar, 2) guru lebih mempersiapkan diri dalam pengelolaan pmbelajaranterutama dalam mengelola waktu, 3) guru memberikan langkah-langkah secara detail pada lembar aktivitas siswa untuk menemukan rumus.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 25 Nov 2014 04:03 |
Last Modified: | 25 Nov 2014 04:03 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/598 |
Actions (login required)
View Item |