PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII MTs NEGERI JETIS PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

TRI UTAMI, PENI (2014) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII MTs NEGERI JETIS PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER PDF.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I new2 peni revisi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
bab III new3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img]
Preview
Text
artikel_PENI_10321319.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Guru mata pelajaran matematika kelas VII MTs Negeri Jetis Ponorogo mengeluhkan pemahaman konsep dan prestasi belajar matematika siswanya rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. 2) Mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. 3) Mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pendekatan saintifik model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain random terhadap subjek. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Negeri Jetis kelas VII tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah delapan kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-G dan VII-H, dengan kelas VII-G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-H sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan non tes. Uji normalitas yang digunakan adalah uji Kolmogorov-Smirnov, kemudian dilakukan uji homogenitas dengan uji Levene. Selanjutnya untuk pengujian hipotesis digunakan uji Mann Whitney. Semua pengujian dilakukan dengan menggunakan alat bantu software SPSS 15 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman konsep matematika siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik model pembelajaran berbasis masalah (rata – rata = 14,75) lebih baik daripada pembelajaran konvensional (rata – rata = 11,54). 2) Prestasi belajar matematika siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik model pembelajaran berbasis masalah (rata – rata = 47,47) lebih baik daripada pembelajaran konvensional (rata – rata = 36,68). 3) Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa yang diberikan kepada 28 siswa kelas eksperimen diperoleh rata – rata skor keseluruhan respon siswa sebesar 3,21. Yang diinterprestasikan bahwa siswa menyukai pembelajaran matematika dengan pendekatan Saintifik model pembelajaran berbasis masalah (PBL).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 25 Nov 2014 04:16
Last Modified: 25 Nov 2014 04:16
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

View Item View Item