Safangati, Alfi and SUHENDAR, UKI (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU STRATEGI GAME MAZELABIRIN DAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X MIPA 3 SMA N 1 BADEGAN. Jurnal EDUPEDIA Jurmas : Jurnal Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 4 (1). pp. 12-22. ISSN ISSN 2614-1434 (Print) ISSN 2614-4409 (Online)
Text
8. artikel edupedia APRIL 2020 alfi.pdf Download (304kB) |
|
Text
8. peer review penerapan model problem based learning.pdf Download (773kB) |
|
Text
8. plagiasi PENERAPAN MODEL PBL BERBANTU STRATEGI GAME MAZELABIRIN DAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X MIPA 3 SMA N 1 BADEGAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Masalah yang terdapat di kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Badegan yaitu siswa belum dapat menerapkan konsep, mengklasifikasikan objek, dan memanfaatkan prosedur operasi dengan baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Game Mazelabirin dan Puzzle yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Badegan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Badegan yang berjumlah 34 siswa. Siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Data pemahaman konsep matematika siswa diambil dari hasil tes pemahaman konsep matematika dan data pengelolaan pembelajaran diambil dari lembar observasi pengelolaan pembelajaran. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes pemahaman konsep dan lembar observasi pengelolaan pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning berbantu Game Mazelabirin dan Puzzle dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penerapan ini dimulai dari guru memberikan masalah, siswa berkelompok, kemudian berdiskusi untuk menyelesaikan masalah dengan permainan puzzle atau mazelabirin, selanjutnya hasil diskusi disampaikan di depan kelas, guru memberikan penguatan dan menarik kesimpulan bersama siswa. Peneliti melakukan upaya perbaikan dengan cara diawal pembelajaran siswa dimotivasi pentingnya memahami materi dan semangat belajar. Memberikan kolom langkah-langkah penyelesaian pada lembar jawab LKS. Memberikan soal-soal yang membutuhkan pemahaman untuk dapat dikontruksikan dalam bentuk matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning (PBL); Game Mazelabirin dan Puzzle; Pemahaman Konsep Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 25 Mar 2021 02:54 |
Last Modified: | 25 Mar 2021 02:54 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6322 |
Actions (login required)
View Item |