PENGARUH TAYANGAN TELEVISI “LAPTOP SI UNYIL” TERHADAP KOGNITIF, AFEKTIF, DAN KONATIF SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI II MANGKUJAYAN PONOROGO

KRESNA WARDHANI MZ, INTAN (2014) PENGARUH TAYANGAN TELEVISI “LAPTOP SI UNYIL” TERHADAP KOGNITIF, AFEKTIF, DAN KONATIF SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI II MANGKUJAYAN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text
BAB II - DESKRIPSI DAERAH PENELITIAN - KONDISI GEOGRAFIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text
BAB III - PENYAJIAN DATA DAN ANALISA DATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV - PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
Text
COVER_-_BAGIAN_AWAL.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Televisi merupakan media massa yang sangat berpengaruh bagi anak-anak. Banyaknya tayangan yang kurang mendidik, mendorong stasiun televisi Trans7 menyajikan tayangan pendidikan yaitu Laptop Si Unyil. Tayangan ini menyajikan pengetahuan tentang pembuatan suatu barang yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap kognitif, afektif dan konatif siswa Sekolah Dasar Negeri II Mangkujayan Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan teknik koefisiensi korelasi product moment dan uji t. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, data-data manajemen sekolah dan dokumentasi foto penelitian. Sedangkan untuk pengambilan sample menggunakan teknik sampling simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang melibatkan 140 responden di Sekolah Dasar Negeri II Mangkujayan Ponorogo, membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap kognitif siswa (rhitung=0,524) dengan kategori interprestasi korelasi sedang (0,40- 0,599=sedang), ada pengaruh yang signifikan terhadap afektif siswa (rhitung=0,922) dengan kategori interprestasi korelasi sangat kuat (0,80- 1,000=sangat kuat), serta ada pengaruh yang signifikan terhadap konatif siswa (rhitung=0,304) dengan kategori interprestasi korelasi rendah (0,20- 0,399=rendah). Kata Kunci : Televisi, Laptop Si Unyil, Pengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Editor FISIP
Date Deposited: 28 Nov 2014 02:33
Last Modified: 09 Dec 2014 03:26
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/641

Actions (login required)

View Item View Item