ANALISIS PENGUASAAN MATERI SISWA DITINJAU DARI HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SIARAN RADIO DI RRI KOTA MADIUN PADA PROGRAM NASIONAL BELAJAR DI RRI

Ardziyah, Imroatul (2021) ANALISIS PENGUASAAN MATERI SISWA DITINJAU DARI HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SIARAN RADIO DI RRI KOTA MADIUN PADA PROGRAM NASIONAL BELAJAR DI RRI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.pdf

Download (286kB)
[img] Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (416kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (840kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (514kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

IMROATUL ARDZIYAH: analisis penguasaan materi siswa ditinjau dari hasil pembelajaran matematika melalui siaran radio di RRI Kota Madiun pada program nasional Belajar di RRI. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan materi oleh siswa ditinjau dari hasil pembelajaran matematika melalui siaran radio di RRI Kota Madiun pada program nasional Belajar di RRI. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Langkah pertama yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan menentukan subjek penelitian melalui kriteria tertentu (purposif) dengan jumlah lima (5) responden penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen tes dengan wawancara mendalam. Sedangkan teknik analisisnya yakni dengan mengumpulkan data, mereduksi, menyajikan, serta memverifikasi sehingga diperoleh penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan yang bervariasi. Terdapat hasil yang menunjukkan level kognitif siswa mulai dari C1 hingga C6. Hal itu ditunjukkan oleh siswa yang menyesuaikan jenis soalnya. Soal matematika yang bersifat logika jauh lebih mudah terserap siswa. Sedangkan jenis soal perhitungan masih belum maksimal terjangkau para siswa. Sehingga, hasil penelitian ini baru dapat menjamin kemampuan penguasaan materi oleh siswa ditinjau dari hasil pembelajaran matematika melalui siaran radio di RRI Kota Madiun pada program nasional Belajar di RRI berada di level C1 yaitu mengetahui. Oleh karenanya, diperlukan pengembangan mendalam guna optimalisasi pembelajaran matematika di radio.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: deskriptif kualitatif, penguasaan materi siswa, pembelajaran melalui radio
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 26 Aug 2021 01:40
Last Modified: 12 Nov 2021 07:05
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7079

Actions (login required)

View Item View Item