Ardziyah, Imroatul (2021) ANALISIS PENGUASAAN MATERI SISWA DITINJAU DARI HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SIARAN RADIO DI RRI KOTA MADIUN PADA PROGRAM NASIONAL BELAJAR DI RRI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.pdf Download (286kB) |
|
Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (416kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Download (840kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (514kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
IMROATUL ARDZIYAH: analisis penguasaan materi siswa ditinjau dari hasil pembelajaran matematika melalui siaran radio di RRI Kota Madiun pada program nasional Belajar di RRI. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan materi oleh siswa ditinjau dari hasil pembelajaran matematika melalui siaran radio di RRI Kota Madiun pada program nasional Belajar di RRI. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Langkah pertama yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan menentukan subjek penelitian melalui kriteria tertentu (purposif) dengan jumlah lima (5) responden penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen tes dengan wawancara mendalam. Sedangkan teknik analisisnya yakni dengan mengumpulkan data, mereduksi, menyajikan, serta memverifikasi sehingga diperoleh penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan yang bervariasi. Terdapat hasil yang menunjukkan level kognitif siswa mulai dari C1 hingga C6. Hal itu ditunjukkan oleh siswa yang menyesuaikan jenis soalnya. Soal matematika yang bersifat logika jauh lebih mudah terserap siswa. Sedangkan jenis soal perhitungan masih belum maksimal terjangkau para siswa. Sehingga, hasil penelitian ini baru dapat menjamin kemampuan penguasaan materi oleh siswa ditinjau dari hasil pembelajaran matematika melalui siaran radio di RRI Kota Madiun pada program nasional Belajar di RRI berada di level C1 yaitu mengetahui. Oleh karenanya, diperlukan pengembangan mendalam guna optimalisasi pembelajaran matematika di radio.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | deskriptif kualitatif, penguasaan materi siswa, pembelajaran melalui radio |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 01:40 |
Last Modified: | 12 Nov 2021 07:05 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7079 |
Actions (login required)
View Item |