PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LOGICAL GAME UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI

Ernawati, Dwi (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LOGICAL GAME UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Other (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah_Dwi Ernawati.PDF

Download (323kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf

Download (362kB)
[img] Text (BAB 2)
3. BAB 2.pdf

Download (609kB)
[img] Text (BAB 3)
4. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text (BAB 4)
5. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
6. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Dwi Ernawati. Pengembangan Media Pembelajaran Logical Game Untuk Menstimulasi Kemampuan Logika Matematika Anak Usia Dini. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 Dr. M. Fadlillah, M.Pd.I, Pembimbing 2 Dr. Muhibuddin Fadhli, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan pengembangan dan kelayakan media pembelajaran logical game untuk menstimulasi kemampuan logika matematika anak usia dini dan 2) Mengetahui pengaruh media pembelajaran logical game terhadap kemampuan logika matematika anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D). Desain pengembangan penelitian menggunakan prosedur pengembangan dari Borg & Gall. Penelitian dilaksanakan dengan teknik random sampling (acak) di beberapa desa yang terdapat di Kabupaten Ponorogo dengan subjek penelitian anak usia dini usia 5-6 tahun. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan soal test hasil belajar. Instrumen penelitiannya berupa instrumen soal logika matematika, pedoman wawancara terhadap guru, observasi terhadap anak, observasi oleh pengguna, instrumen kelayakan media dari segi materi dan tampilan media, serta instrumen kelayakan mediadari segi tampilan media oleh pengguna. Hasil wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan observasi dan test dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa produk media pembelajaran aplikasi logical game. Uji kelayakan oleh ahli materi mendapatkan hasil 4,3 atau 75 % sangat layak dan 3,65 atau 70 % layak oleh ahli media. Uji efektivitas dianalisis dengan uji t one sample t test diperoleh t hitung (17,631) > t tabel (1,833) sehingga keputusan hipotesis adalah H_0 ditolak. Hasil pre test rata-rata skor sebesar 79,8 dan post test sebesar 96,1 dengan persentase ketuntasan 100 %. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan uji efektivitas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran logical game layak dan efektif digunakan dalam menstimulus kemampuan logika matematika pada anak usia dini, khususnya usia 5-6 tahun. Kata kunci : pengembangan, media pembelajaran, kemampuan logika matematika, logical game

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran, kemampuan logika matematika, logical game
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 02 Sep 2021 00:57
Last Modified: 01 Nov 2021 03:05
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7534

Actions (login required)

View Item View Item