Arifin, Rohmad (2021) STUDI PENGARUH DIAMETER DAN BENTUK EXHAUST MANIFOLD TERHADAP POLA ALIRAN GAS BUANG KENDARAAN MENGUNAKAN SIMULASI DINAMIKA FLUIDA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
SURAT.pdf Download (77kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (804kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (319kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (825kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (306kB) |
Abstract
Dapat dikatakan bahwa bentuk dan diameter Exhaust Manifold dapat mempengaruhi kinerja dari mesin sepeda motor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiapa pengaruh diameter dan bentuk exhaust manifold terhadap pola aliran gas buang kendaraan bermotor menggunakan simulasi dinamika fluidaSehingga aliran gas buang pada kendaraan bermotor akan terlihat menggunakan software Autodesk CFD.Penelitian ini memvariasikan bentuk dan diameter Exhaust Manifold.Pengubahan diameter dan radius Exhaust Manifold dapat merubah laju aliran fluida. Hasil yang didapat dari kedua variasi sudut antara sudut 60 mm dan sudut 80 mm didapat hasil yang paling besar yaitu sudut 60 mm dengan diameter 35 mm dengan hasil 542.32 〖cm〗^3/s. sedangkan hasil terkecil didapat Exhaust Manifold dengan sudut 60 mm diameter 23 mm dengan hasil 170.901 〖cm〗^3/s
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Exhaust Manifold, Volume Flow Out, Autodesk CFD 2019 |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Faculty of Engineering |
Depositing User: | ft . userft |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 07:05 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 02:21 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7625 |
Actions (login required)
View Item |