HUBUNGAN PERAN ORANGTUA DALAM MEMBERIKAN STIMULASI BAHASA DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA TODDLER DI POSYANDU KENITEN PONOROGO

Sucianah, Annisatul (2021) HUBUNGAN PERAN ORANGTUA DALAM MEMBERIKAN STIMULASI BAHASA DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA TODDLER DI POSYANDU KENITEN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (surat persetujuan unggah karya ilmiah)
surat persetujuan unggah karya ilmiah.pdf

Download (129kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (391kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Stimulasi merupakan kegiatan merangsang kemampuan dasar anak agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal, agar tidak mengalami delayed dalam pertumbuhan anak khusunya dalam perkembangan bahasa dan bicara. Tujuan untuk mengetahui gambaran peranan orangtua maupun pengasuh dalam memberikan stimulasi perkembangan bahasa pada anak sejak dini atau sejak usai toddler. Metode dalam penelitian ini yaitu non experimental dengan pendekatan cross sectional study. Sampel yang digunakan yaitu 60 responden yang diperoleh dengan metode purposive sampling. Kriteria sampel yaitu orang tua maupun pengasuh anak yang memiliki anak usia toddler 1-3 tahun dan terdafar di posyandu keniten ponorogo. Penelitian ini menggunakan instrumen wawancara dan kuesioner. Berdasarkan dari hasil analisa dapat diketahui bahwa nilai Signifikan. menunjukkan bahwa ada hubungan peran orangtua dalam memberikan stimulasi bahasa pada anak usia toddler di Posyandu Keniten Ponorogo dengan hasil perhitungan Chi-Square dengan menggunakan SPSS didapatkan hasil p value 0,000 dengan alpha 0,05. Kesimpulan pada penelitian ini adalah p value (0,000) < α (0,05) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada hubungan peran orangtua dalam memberikan stimulasi bahasa pada anak usia toddler di Posyandu Keniten Ponorogo. Saran untuk Tenaga kesehatan memberikan pelatihan pada kader Posyandu tentang stimulasi dan deteksi dini tumbuh kembang anak, yang akan diterapkan pada anak usia toddler saat posyandu dengan melibatkan orang tua anak usia toddler agar bisa memberikan stimulasi pada anaknya dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran, Orangtua, Stimulasi Bahasa, Tingkat Perkembangan Bahasa Anak, Toddler
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing S1
Depositing User: fik . userfik
Date Deposited: 17 Sep 2021 06:29
Last Modified: 08 Nov 2021 03:37
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7944

Actions (login required)

View Item View Item