MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL QUR’AN (Studi Multisitus di Sekolah Dasar Islam Terpadu ( SDIT) Qurrota A’yun dan Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Al Kautsar Ponorogo)

DASMAN, RONY (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL QUR’AN (Studi Multisitus di Sekolah Dasar Islam Terpadu ( SDIT) Qurrota A’yun dan Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Al Kautsar Ponorogo). Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH)
surat persetujuaan unggah.pdf

Download (123kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (546kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (490kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Rony Dasman. 2021. Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an ( Studi Multisitus di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Qurrota A’yun dan MI Al Kautsar Ponorogo). Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : (1) Dr. M. Zainal Arif, MA (2) Anip Dwi Saputro, M Pd Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran, Tahfidz Al Qur'an Program Tahfidz Qur’an merupakan salah satu program unggulan di SDIT Qurrota a’yun dan MI Al Kautsar Ponorogo, program tahfidzul Qur’an ini bertujuan untuk mencetak generasi muda yang berakhlakul karimah dan cinta terhadap Al Quran, ditengah keadaan masyarakat yang kurang memiliki rasa kepedulian terhadap keadaan putra putrinya terhadap al Qur’an. Untuk pengelolaan program Tahfidz Qur’an tersebut, maka program Tahfidz Qur’an harus dilaksanakan secara terprogram dan terintegrasi yaitu dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian dengan cara selalu dipantau dan dievaluasi proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran Tahfidz Al Qur’an di SDIT Qurrota a’yun dan MI Al Kautsar Ponorogo, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, desain penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Qurrota a’yun dan MI Al Kautsar Ponorogo. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sebagai narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model miles and huberman yaitu dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil análisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa Manajemen program Tahfidz Qur’an di SDIT Qurrota a’yun dan MI Al Kautsar Ponorogo dilaksanakan dengan sangat terprogram yaitu mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Pertama perumusan tujuan menjadi awal perencanaan program tahfidzul qur’an yang harus ada dan disiapkan oleh sekolah, kedua pendistribusian guru atau ustadz sebelum dilaksanakan program Tahfidz Qur’an harus disiapkan sebagai wujud pengorganisasian dalam program tersebut, ketiga pelaksanaan program Tahfidz Qur’an sebagai wujud implementasi dari perencanaan dan pengorganisasian dan terakhir keempat evaluasi program tahfidz Qur’an dilaksanakan ketika program sedang berlangsung untuk mengukur efektivitas dan efisiensi program sehingga dapat diketahui kelemahan dan kekurangan dari program tersebut untuk selanjutnya dapat diperbaiki. Faktor pendukung dalam manajemen program tahfidzul qur’an ini adalah guru dan kepala sekolah selalu bersinergi bekerja sama dalam mensukseskan program tahfidzul qur‟an ini tanpa mengenal lelah didukung dengan para peserta didik yang sangat antusias dalam menhafalkan Al quran. Faktor penghambat manajemen program tahfidzul qur‟an adalah orang tua peserta didik yang belum sepenuhnya mendukung program ini dikarenakan minimnya pengetahuan orang tua tentang ilmu Al Qur’an sehingga program tahfidzul Quran belum sepenuhnya diterima dengan baik dan tertanam dalam jiwa peserta didik. ABSTRACT Rony Dasman. 2021. Management of learning Tahfidz Al Qur’an (Multi Cases study in Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Qurrota A’yun and MI Al Kautsar Ponorogo). Thesis, Postgraduate Program, In Islamic Religious Education (PAI) at Muhammadiyah Ponorogo University, Advisor: (1) Dr.H.M. Zainal Arif, MA (2) Anip Dwi Saputro, M Pd Keywords : Management of Learning, Tahfidz Al Qur’an Tahfidz Al Quran is a flagship program in SDIT Qurrota A'yun and Mi Al Kautsar Ponorogo. This program aims to produce generation who have good morality and love towards the Qur'an, in the societies condition that lacks of concem about their children's condition towards Qur'an. For the program management, this program must be programmed and integrated in planning, organizing, implementing and evaluating by always monitored and evaluated in the leaming process. This research was designed to describe the management of tahfidz al qur'an program at SDIT Qurrota A'yun and MIAl Kautsar Ponorogo. This research is a qualitative research and the design is qualitative research. This research conducted at SDIT Qurrota Ayun and MI Al Kautsar Ponorogo. The data of this study are primary and secondary data. Sources of data obtained through observation, interviews and documentation. The informant of this research are the principal and teachers. Data analysis techniques used in this research are miles and huberman models by the steps of data collection, data reduction, data presentation and verification. Based on the results of data analysis and discussion, it is concluded that the management of the tahfidzul quran program at SDIT Qurrota A'yun and MI AI Kautsar Ponorogo conducted programmatically, starting from planning, organizing, implementing and evaluating. First ; the formulation of the objectives is the beginning of planning the tahfidzul quran program that must be available and prepared by the school, second, the distribution of teachers or ustack before implementing the tahtia qur'an program must be prepared as a form of organization in the program, the third, implementation of tahfidzul quran program as a form of implementation from planning and organizing and the fourth is evaluation of tahfidzul qur'an program is carried out while the program is ongoing to measure the effectiveness and effidency, so that it can be seen the weakness of the program so that they can be improved. The supporting factors of tahfidzul qur’an management are the collaboration of school principal and teachers for the suocess of tahfiq quran and supported by students who are very enthusiastic in memorizing Qur'an. The inhibiting facto of the program management is the students parents who have not fully supported the program due to the lack of parenta knowledge about the science of Qur'an so that the program has not been fully received and is embedded in the souls of students.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Tahfidz Al Qur'an
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: pasca . userpasca
Date Deposited: 20 Sep 2021 05:33
Last Modified: 05 Nov 2021 02:56
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7976

Actions (login required)

View Item View Item