PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CUISENAIRE RODS TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SERTA RESPON SISWA PADA KELOMPOK BELAJAR SDN 1 KARANGPATIHAN DI ERA PANDEMI

WULANTARI, VENY and RUFIANA, INTAN SARI (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CUISENAIRE RODS TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SERTA RESPON SISWA PADA KELOMPOK BELAJAR SDN 1 KARANGPATIHAN DI ERA PANDEMI. -, - (-). ---. ISSN -

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (55kB)
[img] Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Artikel Asli)
Artikel Asli.pdf

Download (952kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text (Surat Tugas Dikti)
Surat Tugas Kemendikbud Veny Wulantari.pdf

Download (654kB)
[img] Text (Surat Rekognisi Dekan)
SURAT REKOGNISI DEKAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text (Lembar Pengganti Tugas Akhir Mahasiswa)
Lembar pengganti tugas mahasiswa.pdf

Download (65kB)
Official URL: https://

Abstract

Di masa pandemi ini pembelajaran dilaksanakan secara daring dan kelompok belajar. Saat pembelajaran daring siswa hanya mengumpulkan tugas kepada guru melalui WA grup. Sedangkan Pada pembelajaran luring, guru mengajar siswa dalam kelompok belajar. Namun, waktu yang hanya sebentar di sekolah ini justru dimanfaatkan siswa hanya untuk bermain dengan temannya. Media Cuisenaire Rods merupakan salah satu media pembelajaran dapat membantu siswa mengontruksi pengetahuannya sendiri. Selain itu siswa dapat bermain sekaligus belajar dengan media ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana aktivitas siswa, hasil belajar dan respon siswa menggunanakan media Cuisenaire Rods pada materi penjumlahan bilangan 1-20 di kelas 1 SDN 1 Karangpatihan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Karangpatihan dengan jumlah sebanyak 5 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa aktivitas siswa menggunakan media Cuisenaire Rods pada materi penjumlahan bilangan 1-20 secara keseluruhan sangat baik. Melalui media Cuisenaire Rods hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Selain itu, siswa menunjukkan respon yang sangat kuat terhadap penggunaan media Cuisenaire Rods dalam proses pembelajaran matematikan. During this pandemic, learning is carried out online and in study groups. During online learning, students only submit assignments to the teacher through the WA group. Meanwhile, in offline learning, the teacher teaches students in study groups. However, the short time at this school is used by students only to play with their friends. Media Cuisenaire Rods is one of the learning media that can help students construct their knowledge. In addition, students can play and learn at the same time with this media. This study aims to describe how student activities, learning outcomes, and student responses using Cuisenaire Rods media on the material addition of numbers 1-20 in grade 1 SDN 1 Karangpatihan. This research is quantitative descriptive. This research was conducted at SDN 1 Karangpatihan with a total of 5 students. Data collection techniques used are observation, tests, and questionnaires. This study obtained the results that students' activities using Cuisenaire Rods media on the material addition of numbers 1-20 were overall very good. Through Cuisenaire Rods media, student learning outcomes have also increased. In addition, students showed a very strong response to the use of Cuisenaire Rods media in the mathematics learning process.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Cuisenaire rods, pandemic
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:25
Last Modified: 08 Nov 2021 06:52
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8082

Actions (login required)

View Item View Item