INOVASI PEMBELAJARAN GURU DALAM PENANAMAN AKHLAK PADA ANAK MELALUI MUROJAAH BERBASIS IT DI MASA PANDEMI COVID-19 DI TK SABILA PONOROGO

Setyowati, Aning (2021) INOVASI PEMBELAJARAN GURU DALAM PENANAMAN AKHLAK PADA ANAK MELALUI MUROJAAH BERBASIS IT DI MASA PANDEMI COVID-19 DI TK SABILA PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
surat persetujuan unggah karya ilmiah.pdf

Download (215kB)
[img] Text (Halaman Depan)
SKRIPSI_halaman depan.pdf

Download (920kB)
[img] Text (BAB 1)
SKRIPSI_bab 1.pdf

Download (339kB)
[img] Text (BAB 2)
SKRIPSI_bab 2.pdf

Download (282kB)
[img] Text (BAB 3)
SKRIPSI_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text (BAB 4)
SKRIPSI_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text (BAB 5)
SKRIPSI_bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
SKRIPSI_daftar pustaka.pdf

Download (234kB)
[img] Text (Lampiran)
SKRIPSI_lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

HALAMAN ABSTRAK Setyowati, Aning. 2021. “Inovasi Pembelajaran Guru Dalam Penanaman Akhlak Pada Anak Melalui Murojaah Berbasis IT Di Masa Pandemi Covid-19 Di TK Sabila Ponorogo”. Skripsi. Program Strata Satu (S-1), Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (1) Dr. Syarifan Nurjan, M.A, (II) Anip Dwi Saputro, M.Pd Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran Guru, Penanaman Akhlak Penanaman Akhlak pada Anak khususnya anak usia dibawah 7 tahun haruslah ada kontak fisik dan memberikan bukti konkrit agar bisa dimengerti dan dipahami. Pandemi covid-19 mengubah proses pembelajaran tersebut mengingat adanya sekat ruang gerak, dan waktu guna memutus mata rantai penyebarannya demi keselamatan jiwa. Oleh karena itu TK Sabila Ponorogo lembaga pendidikan yang berbasis alam, pendidikan Islam dan penanaman Karakter berinovasi mengemas penanaman akhlak dengan Inovasi pembelajaran akhlak berbais IT, agar pendidikan tetap berjalan dan tujuan pendidikan yang telah direncanakan dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui inovasi pembelajaran guru dalam penanaman akhlak pada anak melalui murojaah berbasis IT meliputi beberapa aspek yang bisa diterapkan dalam kondisi khusus ini yaitu aspek murojaah bacaan ibadah, asmaul husna, surat pendek, do’a harian, mahfudhot, hadits, aspek penilaian, faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dalam prosesnya mengamati, menyelidiki, menguraikan data yang didapat dari lapangan dengan menggali dan mengumpulkan data-data yang didapat melalui observasi, wawancara, ikut di dalam proses KBM serta dokumentasi. Data yang didapat kemudian diolah dan disusun sedemikian rupa sesuai fakta di lapangan sehingga tujuan dari penelitian ini terjawab. Hasil dari penelitian di TK Sabila Ponorogo, menunjukkan bahwa adanya inovasi pembelajaran guru yang memanfaatkan IT sebagai sarana pembelajaran penanaman akhlak pada anak di masa pandemi covid-19 beserta dampaknya. Inovasi pembelajaran guru tersebut merupakan hal baru yang memanfaatkan gawai HP dalam bentuk tutorial video yang diunggah melalui aplikasi youtube dan whatsapp serta penjelasan tutorial dari video pembelajaran tersebut melalui aplikasi zoom.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Inovasi Pembelajaran Guru, Penanaman Akhlak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:45
Last Modified: 16 Nov 2021 03:36
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8369

Actions (login required)

View Item View Item