ANALISIS SEMIOTIKA MODEL ROLAND BARTHES GAYA BUSANA KONTROVERSIAL BLACKPINK VERSI IKLAN HUT SHOPEE YANG KE TIGA

Siti Afifah, Atikah (2021) ANALISIS SEMIOTIKA MODEL ROLAND BARTHES GAYA BUSANA KONTROVERSIAL BLACKPINK VERSI IKLAN HUT SHOPEE YANG KE TIGA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (314kB)

Abstract

Penggemar k-pop di indonesia termasuk salah satu yang tertinggi di dunia. Oleh karena itu perusahan belanja online shoope bekerja sama dengan blacpink yaitu salah satu girlband korea selatan untuk menjadi model iklan pada hut shopee yang ke tiga. Blacpink sendiri adalah girlband yang sangat terkenal di korea selatan bahkan di dunia karena blackpink kerap menduduki tangga lagu billboard. Tetapi ada seseorang bernama Maimon herawati mengunggah sebuah petisi yang berisi tentang permintaan kepada KPI untuk menhentikan iklan tersebut, Maimon mengklaim iklan Shopee Blackpink tersebut menyalahi aturan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) karena menurut Maimon herawatai iklan tersebut dinilai seronok dan mengumbar aurat, Maimon meminta ketegasan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk menghentikan iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif lebih menitikberatkan pada data-data penelitian yang dihasilkan dari pengamatan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Subjek dalam penelitian ini adalah gaya busana kontroversial blackpink pada iklan HUT shopee yang ke tiga. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah akan menggunakan kerangka analisis semiotika model Roland Barthes yang memfokuskan pada tanda tanda untuk diteliti. Hasil analisis dari penilitian ini adalah pada iklan shopee yang ketiga anggota blacpink menggunakan pakaian yang terlalu pendek dan ini membut sebagian orang kurang nyaman untuk melihat tayangan iklan ini dan ini menjadikan tayangan iklan shopee menuai kecaman dan pembuatan penandatangan petisi untuk di berhentikan dan tidak boleh tayang di televisi lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Gaya Busana, Kontroversial.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 02 Dec 2021 02:16
Last Modified: 02 Dec 2021 02:16
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8514

Actions (login required)

View Item View Item