YULIANA, LINDA (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN WHOLE BRAIN TEACHING PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII a MTs NEGERI KAUMAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
1. cover depan.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
2. bagian depan.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (157kB) | Preview |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
||
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
||
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
||
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
||
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
|
Text
artikel.pdf Download (114kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Prestasi, Minat belajar, whole brain teaching. Dalam proses belajar mengajar sering terjadi masalah bahwa metode pembelajaran yang tidak menarik atau metode pembelajaran tidak sesui dengan kebutuhan siswa. Hal ini berimbas pada pengajar kesulitan mendapatkan perhatian dan konsentrasi siswa.Guru juga sering menghadapi berbagai permasalahan kelas seperti kondisi siswa yang malas, kurang bergairah dalam belajar sehingga berimbas pada kurangnya prestasi belajar siswa.Dari Permasalahan yang ada rumusan masalah, dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana meningkatkan prestasi belajar siswa melalui metode pembelajaran whole brain teaching pada Segitiga kelas VII a MTs N Kauman tahun ajaran 2013/2014?, (2) Bagaimana meningkatkan minat belajar siswa melalui metode pembelajaran whole brain teaching pada materi Segitiga kelas VII a MTs N Kauman tahun ajaran 2013/2014?, (3) Kemampuan guru dalam penerapan metode pembelajaran whole brain teaching pada materi Segitiga kelas VII a MTs N Kauman tahun ajaran 2013/2014?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mana penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa siklus. Pelaksanaan dalam tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi. Sebagai subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII aMTs Negeri Kauman Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 25 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari tes prestasi belajar, angket minat belajar siswa dan lembar observasi guru. Kemudian semua data yang terkumpul dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran whole brain teaching dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dan meningkatkan minat belajar siswa kelas VII a MTs N Kauman Tahun ajaran 2013/2014, yaitu pada siklus 1 diperoleh data siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 72% dengan nilai rata-rata kelas 71,6 dan persentase minat belajar siswa sebanyak 90,13%. Data tersebut meningkat pada siklus 2 yang mana diperoleh data siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 96% dengan nilai rata-rata kelas 86,4 dan persentase minat belajar siswa sebanyak 95,6%. Hasil yang diperoleh telah mencapai indikator keberhasilan penelitian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 23 Jan 2015 02:59 |
Last Modified: | 23 Jan 2015 02:59 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/867 |
Actions (login required)
View Item |