KONSEP NLP (NEURO LINGUISTIC PROGRAMMING) DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SERTA RELEVANSINYA DENGAN SHALAT DAN DZIKIR

HAFIDHAH, HAFIDHAH (2022) KONSEP NLP (NEURO LINGUISTIC PROGRAMMING) DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SERTA RELEVANSINYA DENGAN SHALAT DAN DZIKIR. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1. SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (87kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (755kB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf

Download (459kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
9. TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Hafidhah. 2022. Konsep NLP (Neuro Linguistic Programming) Dalam Pendidikan Agama Islam Serta Relevansinya Dengan Shalat dan Dzikir. Tesis. Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : (I) Dr. Nurul Iman, Lc, M.H.I. (II) Dr. Anip Dwi Saputro, M.Pd Kata Kunci : NLP,Pendidikan Agama Islam,Shalat, Dzikir Neuro Linguistic Programming (NLP) adalah suatu ilmu yang mengajarkan tentang cara manusia mengelola dan mengendalikan inti dari dirinya, yakni pikiran berikut dengan segala pemberdayaannya secara maksimal dan manual. Ada beberapa problematika dalam pengaplikasian NLP, salah satunya adalah NLP banyak dikaitkan dengan New Age Movement yang menyatakan bahwa “Potensi Manusia adalah Segala-nya”, sehingga hal ini mampu menggeser aqidah seseorang karena menomorduakan Tuhan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep NLP dalam Pendidikan Agama Islam yang secara khusus juga menjelaskan relevansi konsep NLP dengan shalat dan dzikir. Penelitian ini menggunakan metode library research. Sumber data yang digunakan adalah data yang berkaitan dengan NLP sebagai objek yang akan diteliti. Peneliti mengumpulkan data melalui dokumen. Teknis analisis data yang diterapkan adalah content analysis (metode analisis isi) atau menggunakan analisis data model Hiberman dan Miles. Dari hasil analisis data, konsep-konsep NLP dalam Pendidikan Agama Islam meliputi representational system, submodalities, state, rapport, modelling, anchor, meta program, serta frame dan reframing. Dalam hal ini, semua konsep tersebut memiliki relevansi dengan ibadah shalat dan dzikir.Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa konsep NLP yang dikenal sebagai ilmu pengetahuan baru ternyata telah melekat erat dengan Pendidikan Agama Islam karena memiliki relevansi secara langsung dengan aktivitas ibadah yaitu shalat dan dzikir. Oleh karena itu, semakin paham manusia dengan ilmu pengetahuan seharusnya akan semakin dekat dengan nilai-nilai agama Islam, bukan semakin jauh dari Allah. ABSTRACT Hafidhah. 2022. The Concept of NLP (Neuro Linguistic Programming and Their Relevance to Shalat and Dzikir. Thesis. Master of Islamic Education, Muhammadiyah Ponorogo. Supervisor (I) Dr. Nurul Iman, Lc, M.H.I. (II) Dr. Anip Dwi Saputro, M.Pd Keywords : NLP,Islamic Education,Shalat, Dzikir. Neuro Linguistic Programming (NLP) is a knowledge which teach about the way people maximize their effort to manage and control themselves manually, including their thought and its empowerment. The are some problems in applying NLP, one of them is NLP which is connected with New Age Movement which stated that people potential is everything, so it can change people’s faith because they place God at the second position. Thus, this research is conducted to identify NLP concept in Islamic Education which especially describe the relevance of NLP concept in shalat and dzikr. The method of this research is library research. The data source is data which related to NLP as the research object. The data collected by using document and it is analyzed by using content analysis method or Hiberman and Miles mode data analysis. From the result of data analysis, NLP concepts in Islamic Education are representational system, submodalities, state, rapport, modelling, anchor, meta program and frame and reframing. In this case, all concepts above have relevance with shalat and dzikr as the worship.From this research, it can be concluded that NLP concept which is known as a new knowledge has been connected with Islamic Education because it has direct relevance with shalat and dzikr. Therefore, people who understand more about knowledge should be closer with Islamic value, not be far from Allah.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: NLP,Islamic Education,Shalat, Dzikir, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: pasca . userpasca
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:15
Last Modified: 25 Apr 2022 02:15
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/9044

Actions (login required)

View Item View Item