PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBIASAAN DI RA MUSLIMAT NU NGLEWAN PONOROGO



PAWESTRI, AJENG (2024) PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBIASAAN DI RA MUSLIMAT NU NGLEWAN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (886kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI ROKA FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Roka Ajeng Pawestri. Pembentukan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan di RA Muslimat NU Nglewan Ponorogo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 Dian Kristiana, M. Pd., Pembimbing 2 Nurtina Irsad Rusdiani, M. Pd.
Kemandirian bagi anak usia dini adalah kemampuan yang sangat penting dan mencakup berbagai aspek perkembangan, seperti belajar, berjalan, makan, berbicara, serta memahami nilai-nilai moral. Dengan menerapkan pembiasaan yang baik sejak dini, baik dalam hal perilaku sehari-hari maupun dalam hal beribadah, anak-anak dapat mengembangkan kemampuan kemandirian anak dan tidak tergantung pada orang lain. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif. Dilaksanakan pada siswa RA Muslimat NU Nglewan. Sumber data pada penelitian ini menggunakan sumber data jenis induktif yaitu guru dan siswa menjadi sumber utama dan untuk sumber data pendukung adalah dokumen-dokumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan Miles Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah metode pembiasaan telah berjalan dengan baik dalam membentuk kemandirian anak usia dini Di RA Muslimat Nglewan NU Ponorogo. Pembentukan kemandirian anak diterapkan dengan 3 kegiatan pebiasaan, kegiatan tersebut meliputi pembiasaan rutin, spontan, dan keteladanan menjadi landasan utama dalam membentuk kemandirian anak-anak. Dengan penerapan yang konsisten dan berkelanjutan, anak-anak dapat menginternalisasi nilai-nilai dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi individu mandiri dan percaya diri dalam kehidupan sehari-hari. Pembentukan ini dilihat pada kemampuan fisik, kemampuan intelektual yang terlihat dari kepercayan diri, tanggung jawab, disiplin, dan untuk kemampuan sosial emosional terlihat pada pandai bergaul, saling berbagi, dan mengendalikan emosi yang berkembang dengan baik.
Kata Kunci: Anak Usia Dini; Kemandirian anak; Pembiasaan Kemandirian

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Anak Usia Dini; Kemandirian anak; Pembiasaan Kemandirian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:51
Last Modified: 28 May 2025 02:49
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15246

Actions (login required)

View Item View Item