PERSEPSI DAN MINAT SISWA DISABILITAS-SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI WIRADESA PEKALONGAN MELANJUTKAN PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI



Prayogi, Arditya (2025) PERSEPSI DAN MINAT SISWA DISABILITAS-SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI WIRADESA PEKALONGAN MELANJUTKAN PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of Persetujuan Unggah Karya.pdf] Text
Persetujuan Unggah Karya.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of Halaman Depan FIX.pdf] Text
Halaman Depan FIX.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of Lampiran dan Surat Bebas Plagiasi] Text (Lampiran dan Surat Bebas Plagiasi)
Lampiran dan Surat Bebas Plagiasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Tesis Full Text dan Surat Bebas Plagiasi.pdf] Text
Tesis Full Text dan Surat Bebas Plagiasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum terpetakannya aspirasi akademik siswa disabilitas di lingkungan SLB, khususnya dalam konteks pendidikan tinggi berbasis agama. Padahal, arah kebijakan pendidikan inklusif telah mendorong keterlibatan siswa berkebutuhan khusus dalam semua jenjang pendidikan, termasuk pendidikan tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dan minat siswa disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) dalam melanjutkan pendidikan tinggi ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), serta mengidentifikasi peluang dan tantangan yang mereka hadapi dalam proses tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus tunggal. Penelitian dilaksanakan di SLB Negeri Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Subjek penelitian terdiri dari siswa, guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengikuti tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta dilengkapi dengan teknik triangulasi sumber untuk meningkatkan validitas temuan. Proses analisis dilakukan melalui open coding, axial coding, dan selective coding untuk mengkategorikan data sesuai fokus penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa disabilitas memiliki persepsi yang positif terhadap pendidikan tinggi, namun masih bersifat umum dan belum terarah secara spesifik ke PTKIN, karena minimnya informasi dan representasi visual yang tersedia di lingkungan sekolah. Minat siswa untuk melanjutkan ke PTKIN relatif tinggi, terutama bagi mereka yang memiliki kecocokan dengan jurusan tertentu, namun masih menghadapi kebimbangan akibat keterbatasan informasi, pendampingan karier, dan kesiapan mandiri. Peluang untuk melanjutkan kuliah didukung oleh motivasi internal, keterampilan yang dimiliki, serta dorongan dari guru dan kepala sekolah, meskipun belum ada program transisi atau kerja sama formal antara SLB dan PTKIN. Sementara itu, tantangan yang dihadapi meliputi kurangnya informasi, kekhawatiran terhadap aksesibilitas, ketakutan akan beban akademik, serta keterbatasan dalam menentukan jurusan. Penelitian ini merekomendasikan bahwa perlu adanya penguatan program pembinaan minat akademik di SLB serta perluasan peran PTKIN dalam membuka akses inklusif bagi penyandang disabilitas. Disarankan agar pihak sekolah membangun sistem informasi pendidikan tinggi yang lebih terstruktur dan menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi, khususnya PTKIN, dalam rangka mendukung kesiapan siswa disabilitas menempuh pendidikan tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Minat, Persepsi, Pendidikan Tinggi, PTKIN, Siswa Disabilitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: Arditya Prayogi
Date Deposited: 02 Sep 2025 02:50
Last Modified: 04 Nov 2025 04:00
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17554

Actions (login required)

View Item View Item