Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri
Pamungkas, Indra Cahya (2025) Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (UNGGAH KARYA INDRA)
UNGGAH KARYA INDRA.pdf Download (214kB) |
|
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (849kB) |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (282kB) |
|
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
|
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
|
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
|
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
|
|
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
Text (SKRIPSI FULL DRAFT)
SKRIPSI INDRA FULL DRAFT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Namun, keterbatasan perawat, alat, dan obat, serta triage yang tidak optimal, menyebabkan penundaan pelayanan, risiko kesalahan medis, dan penurunan keselamatan pasien. Beban kerja perawat yang tinggi juga memengaruhi kinerja dan kepuasan pasien. Perbaikan efektivitas dan efisiensi IGD sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain korelasional dan pendekatan crossectional. Besar sampel 94 pasien di ruang IGD. Variabel dalam penelitian ini adalah kinerja perawat dan tingkat kepuasan. Data diperoleh melalui kusioner yang diisi oleh responden. Uji statistik Chi Square dengan SPSS. Hasil penelitian menujukkan ada hubungan antara kinerja perawat dengan tingkat kepuasan pasien di instalasi rawat inap Rumah Sakit Amal Sehat dengan p-value 0,000, yang artinya lebih besar dari α (0,05). Jika kinerja pelayanan keperawatan yang diberikan semakin baik, maka akan meningkatkan kepuasan pasien. Sebaliknya, jika kinerja pelayanan keperawatan yang diberikan kurang bermutu, maka pasien menjadi tidak puas. Cara meningkatkan kepuasan pasien dengan meningkatkan kompetensi klinis, keterampilan komunikasi, kemampuan dalam menangani tekanan, hingga aspek-aspek etika dan empati dalam pelayanan
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Instalasi Gawat Darurat, Kinerja Perawat, Kepuasan Pasien |
| Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
| Divisions: | Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing S1 |
| Depositing User: | fik . userfik |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 04:05 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 03:48 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/18472 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
