Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri



Pamungkas, Indra Cahya (2025) Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of UNGGAH KARYA INDRA] Text (UNGGAH KARYA INDRA)
UNGGAH KARYA INDRA.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (849kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DRAFT] Text (SKRIPSI FULL DRAFT)
SKRIPSI INDRA FULL DRAFT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Namun, keterbatasan perawat, alat, dan obat, serta triage yang tidak optimal, menyebabkan penundaan pelayanan, risiko kesalahan medis, dan penurunan keselamatan pasien. Beban kerja perawat yang tinggi juga memengaruhi kinerja dan kepuasan pasien. Perbaikan efektivitas dan efisiensi IGD sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain korelasional dan pendekatan crossectional. Besar sampel 94 pasien di ruang IGD. Variabel dalam penelitian ini adalah kinerja perawat dan tingkat kepuasan. Data diperoleh melalui kusioner yang diisi oleh responden. Uji statistik Chi Square dengan SPSS. Hasil penelitian menujukkan ada hubungan antara kinerja perawat dengan tingkat kepuasan pasien di instalasi rawat inap Rumah Sakit Amal Sehat dengan p-value 0,000, yang artinya lebih besar dari α (0,05). Jika kinerja pelayanan keperawatan yang diberikan semakin baik, maka akan meningkatkan kepuasan pasien. Sebaliknya, jika kinerja pelayanan keperawatan yang diberikan kurang bermutu, maka pasien menjadi tidak puas. Cara meningkatkan kepuasan pasien dengan meningkatkan kompetensi klinis, keterampilan komunikasi, kemampuan dalam menangani tekanan, hingga aspek-aspek etika dan empati dalam pelayanan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Instalasi Gawat Darurat, Kinerja Perawat, Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing S1
Depositing User: fik . userfik
Date Deposited: 22 Oct 2025 04:05
Last Modified: 28 Oct 2025 03:48
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/18472

Actions (login required)

View Item View Item