PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENSTIMULUS PERKEMBANGAN BAHASA PADA SISWA RA AISYIYAH PANDAK BALONG KABUPATEN PONOROGO
Qomariyah, Sisca Fitri (2024) PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENSTIMULUS PERKEMBANGAN BAHASA PADA SISWA RA AISYIYAH PANDAK BALONG KABUPATEN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
![]() |
Text (Surat Persetujuan unggah karya ilmiah)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (577kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (775kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (666kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LAMPIRAN..pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
‘Sisca Fitri Qomariyah, Penerapan Video Pembelajaran Untuk Menstimulus Perkembangan Bahasa Pada Siswa RA Aisyiyah Pandak Balong Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 Ida Yeni Rahmawati, M.Pd., Pembimbing 2 Muhammad ‘Azam Muttaqin, M.P.d.
Penggunaan teknologi dalam pendidikan menjadi semakin penting di era digital saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan video pembelajaran pada tema tanaman untuk menstimulus perkembangan bahasa pada siswa RA Aisiyah Pandak Balong Kabupaten Ponorogo, dan (2) Mengetahui hambatan dan tantangan dalam menggunakan video pembelajaran pada tema tanaman untuk menstimulus perkembangan bahasa pada siswa RA Aisiyah Pandak Balong Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif dan dilaksanakan pada siswa RA Aisyiyah Pandak Balong pada 11 Juni 2024. Sumber data pada penelitian ini bersifat induktif, di mana kepala sekolah, guru, dan siswa menjadi sumber utama, sementara dokumen-dokumen seperti rencana pembelajaran dan catatan pengamatan menjadi sumber data pendukung. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini diperiksa menggunakan teknik triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan video pembelajaran pada tema tumbuhan untuk menstimulus perkembangan bahasa pada siswa RA Aisyiyah Pandak berlangsung dengan baik hal ini dapat dilihat dari keantusiasan siswa dalam belajar bagian-bagian tumbuhan. Dan guru melakukan lima langkah sistematis: persiapan media, penyampaian materi, menonton video bersama, dan konfirmasi materi serta pertanyaan. Guru mempersiapkan media, memberikan stimulus, dan mendampingi siswa. Siswa antusias dan mampu menjawab pertanyaan tentang bagian tumbuhan. Hambatan seperti kekurangan peralatan dan kendala kesulitan dalam menunjukkan objek tumbuhan secara detail melalui video, yang berdampak pada minat dan pemahaman siswa.
Kata Kunci : Video Pembelajaran, Kemampuan Menyimak, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Kemampuan Menyimak, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 02:46 |
Last Modified: | 28 May 2025 02:49 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15099 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |