PERMAINAN PACHISITRI UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI
Celine Rozana Arbella (2024) PERMAINAN PACHISITRI UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. 000667310.
![]() |
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf Download (627kB) |
![]() |
Text (DESKRIPSI HKI)
3. DESKRIPSI HKI.pdf Restricted to Repository staff only Download (736kB) |
![]() |
Text (SERTIFIKAT)
CELINE APE sertifikat_EC00202492004.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
4. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (FULL)
5. FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Celine Rozana Arbella. Permainan PACHISITRI untuk menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan, Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 Dian Kristiana, M. Pd. Dan Pembimbing 2 M. Azzam Muttaqin, M. Pd.
Tujuan dari pembuatan Permainan PACHISITRI ini untuk mengembangkan aspek perkembangan kognitif, motorik halus, dan juga sosial emosional. Permainan ini merupakan permainan yang sengaja dirancang khusus untuk anak-anak sebagai sarana untuk anak dapat membangun kemampuan berbicara, meningkatkan kemampuan membilang anak, dan membangun fokus anak dalam belajar serta dapat mengembangkan empat aspek perkembangan pada anak usia dini.
Metode yang digunakan pada penelittian ini adalah metode pengembangan permainan PACHISITRI, validasi media dan validasi materi, serta uji coba produk kepada anak-anak. Penelitian ini berkontribusi penting dalam bidang pendidikan anak usia dini dengan menyediakan permainan sebagai media yang digunakan untuk mengembangkan aspek perkembangan kognitif, motorik halus, dan sosial emosional. Permainan ini dapat digunakan oleh guru dan orang tua sebagai permainan untuk mengisi di waktu luang selain dapat mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak. Melalui validasi media, validasi materi, serta uji coba diharapkan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas dari permainan PACHISITRI untuk kegiatan pembelajaran.
Hasil dari uji coba sederhana menunjukkan peningkatan yang positif pada anak, permainan ini memiliki peranan edukatif yang efektif dan bermanfaat untuk mendukung perkembangan anak usia dini. Alat permainan ini berhasil dalam membangkitkan minat, motivasi, dan keterlibatan anak-anak dalam pembelajaran, dengan memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan aspek kognitif maupun pada aspek lainnya.
Item Type: | Patent |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan, Ludo, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 03:40 |
Last Modified: | 19 May 2025 02:14 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15238 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |