PERMAINAN PACHISITRI UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI



Celine Rozana Arbella (2024) PERMAINAN PACHISITRI UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. 000667310.

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (627kB)
[thumbnail of DESKRIPSI HKI] Text (DESKRIPSI HKI)
3. DESKRIPSI HKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[thumbnail of SERTIFIKAT] Text (SERTIFIKAT)
CELINE APE sertifikat_EC00202492004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN] Text (DAFTAR LAMPIRAN)
4. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of FULL] Text (FULL)
5. FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Celine Rozana Arbella. Permainan PACHISITRI untuk menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan, Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 Dian Kristiana, M. Pd. Dan Pembimbing 2 M. Azzam Muttaqin, M. Pd.
Tujuan dari pembuatan Permainan PACHISITRI ini untuk mengembangkan aspek perkembangan kognitif, motorik halus, dan juga sosial emosional. Permainan ini merupakan permainan yang sengaja dirancang khusus untuk anak-anak sebagai sarana untuk anak dapat membangun kemampuan berbicara, meningkatkan kemampuan membilang anak, dan membangun fokus anak dalam belajar serta dapat mengembangkan empat aspek perkembangan pada anak usia dini.
Metode yang digunakan pada penelittian ini adalah metode pengembangan permainan PACHISITRI, validasi media dan validasi materi, serta uji coba produk kepada anak-anak. Penelitian ini berkontribusi penting dalam bidang pendidikan anak usia dini dengan menyediakan permainan sebagai media yang digunakan untuk mengembangkan aspek perkembangan kognitif, motorik halus, dan sosial emosional. Permainan ini dapat digunakan oleh guru dan orang tua sebagai permainan untuk mengisi di waktu luang selain dapat mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak. Melalui validasi media, validasi materi, serta uji coba diharapkan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas dari permainan PACHISITRI untuk kegiatan pembelajaran.
Hasil dari uji coba sederhana menunjukkan peningkatan yang positif pada anak, permainan ini memiliki peranan edukatif yang efektif dan bermanfaat untuk mendukung perkembangan anak usia dini. Alat permainan ini berhasil dalam membangkitkan minat, motivasi, dan keterlibatan anak-anak dalam pembelajaran, dengan memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan aspek kognitif maupun pada aspek lainnya.

Item Type: Patent
Uncontrolled Keywords: Permainan, Ludo, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 20 Sep 2024 03:40
Last Modified: 19 May 2025 02:14
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15238

Actions (login required)

View Item View Item