STRAREGI PENGUATAN NILAI PERCAYA DIRI REMAJA MELALUI PENDIDIKAN ISLAM DI LKSA AL AMIN JETIS PONOROGO
Rohman, Nur (2024) STRAREGI PENGUATAN NILAI PERCAYA DIRI REMAJA MELALUI PENDIDIKAN ISLAM DI LKSA AL AMIN JETIS PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
![]() |
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci: Strategi LKSA Panti Asuhan, Percaya Diri Remaja, dan Pendidikan Islam.
Kepercayaan diri merupakan fondasi untuk membangun masa depan anak yang cerah. Untuk mengembangkan aktivitas dan kreativitas sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi. Namun kepercayaan diri tidak tumbuh dengan sendirinya. Melainkan tumbuh dari proses pembiasaan yang bertahab dengan linkungan yang baik dan pendampingan secara kontinu.
Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah strategi LKSA dalam penguatan nilai kepercayaan diri anak melalui pendidikan Islam, faktor pendukung dan penghambat, dan hasil dari strategi LKSA dalam penguatan nilai kepercayaan diri anak melalui pendidikan Islam . Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul terkait penelitian ini disusun secara kualitatif.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKSA Panti Asuhan Al-Amin dalam penguatan nilai kepercayaan diri anak melalui pendidikan Islam menggunakan tiga metode yaitu metode pembiasaan, metode bimbingan dan pendampingan, dan metode keteladanan. Dari ketiga metode tersebut di tuangkan dalam kegiatan yang sudah terjadwalkan beberapa diantaranya sholat subuh berjamaah, madrasah diniyah, sorogan dan hafalan Al-Qur’an, imam sholat Isya’, mukhadloroh, latihan beladiri tapak suci serta mengelola organisasi ipm dengan didampingi oleh para musyrif yang selalu aktif.Adapun terdapat faktor pendukung dan penghambatdalam merealisasikan straregi lksa dalam penguatan nilai kepercayaan diri anak melalui pendidikan islam di LKSA panti asuhan Al-Amin antaralain: peran aktif para musyrif, kekompaka pengurus dengan AMM Cabang Jetis, dan donator. Hasil strategi panti asuhan dalam penguatan nilai kepercayaan diri anak melalui pendidikan Islam yaitu anak mampu hidup mandiri dan bersih, terbiasa dengan kegiatan religious, serta hidup terampil sesuai bakat yang dimiliki.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi LKSA Panti Asuhan, Percaya Diri Remaja, dan Pendidikan Islam. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 07:10 |
Last Modified: | 21 May 2025 06:40 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15491 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |