PERANCANGAN APLIKASI SIMULASI UJIAN SEKOLAH DI SMK NEGERI 1 PONOROGO MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR BERBASIS WEB
Aji, Lintang Purnomo (2025) PERANCANGAN APLIKASI SIMULASI UJIAN SEKOLAH DI SMK NEGERI 1 PONOROGO MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR BERBASIS WEB. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (746kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (118kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam pembentukan karakter dan peningkatan kualitas individu serta masyarakat secara keseluruhan. Sebagai proses yang melibatkan pembelajaran, pengajaran, dan pembentukan sikap, pendidikan berperan penting dalam memberdayakan individu untuk mengembangkan potensi secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Algoritma Linear Congruential Generator (LCG) pada aplikasi Simulasi Ujian Sekolah di SMK N 1 Ponorogo. Langkah ini dilakukan untuk mengatasi keterbatasan sistem manual yang membutuhkan waktu dan tenaga besar serta berisiko tinggi terhadap kesalahan. LCG dipilih karena kemampuannya menghasilkan pengacakan soal yang merata dan acak, sehingga menciptakan pengalaman ujian yang lebih adil. Pengujian menunjukkan bahwa LCG berhasil menciptakan tingkat variasi soal yang tinggi, dengan hanya 4.78% kesamaan soal di antara siswa. Dari total 690 soal yang diberikan kepada 23 siswa, hanya 33 soal memiliki kesamaan, menunjukkan tingkat keacakan optimal sebesar 95.22%. Hasil penelitian membuktikan bahwa LCG efektif dalam menjaga kerahasiaan dan keunikan soal, mengurangi potensi kecurangan, serta meningkatkan efisiensi dalam penyusunan soal. Dengan fleksibilitasnya, metode ini tidak hanya relevan untuk ujian sekolah tetapi juga dapat diimplementasikan pada skala yang lebih luas, memberikan kontribusi positif terhadap inovasi teknologi dalam dunia pendidikan
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering |
| Depositing User: | ft . userft |
| Date Deposited: | 14 Mar 2025 02:01 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 01:21 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15967 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
