IMPLEMENTASI PROGRAM P5 DALAM KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI KABUPATEN PONOROGO (Studi Kasus di SMK PGRI 2 Ponorogo dan SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo)
MUNIIFAH, NUUR LAILI (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM P5 DALAM KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI KABUPATEN PONOROGO (Studi Kasus di SMK PGRI 2 Ponorogo dan SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.
|
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
SURAT KARYA ILMIAH_NUUR LAILI MUNIIFAH.pdf Download (129kB) |
|
|
Text (HALAMAN DEPAN)
COVER DAN HALAMAN AWAL.pdf Download (678kB) |
|
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (452kB) |
|
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
|
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
|
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPISI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan Pancasila memiliki peran sangat penting dalam membentuk karakter positif masyarakat Indonesia, termasuk untuk peserta didik yang mengemban ilmu di tingkat sekolah. Lunturnya karakter Pancasila serta kenakalan remaja yang sudah merajalela pada peserta didik khususnya menjadi perhatian kita bersama. Pemerintah mengeluarkan Kebijakan Publik melalui Kemendikbudristek mencetuskan Kurikulum Merdeka Belajar yang di dalamnya terkandung Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). P5 ini diharapkan menjadi solusi atas lunturnya nilai-nilai Pancasila dalam diri peserta didik. Program ini bertujuan agar peserta didik lebih kreatif dan memiliki penalaran yang baik serta berkarakter sesuai pancasila melalui Projek-projek yang akan dikerjakan baik individu maupun kelompok. Metode penelitian yang akan di angkat dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yang akan disampaikan secara deskriptif sehingga mudah dipahami. Kurikulum merdeka belajar yang digaungkan oleh Menteri Pendidikan ini memiliki tujuan membebaskan peserta didik dari doktrin atas kurikulum yang terlalu teoritis dan mempromosikan pembelajaran yang lebih kontekstual dan relevan
dengan kehidupan sesungguhnya. Maka perlu adanya strategi khusus sebagai langkah awal dalam penerapannya. Strategi yang berkolaborasi mulai dari Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Koordinator Mapel, dan yang paling penting adalah peserta didik. Perlu adanya pendampingan dan pelatihan dalam jangka waktu tertentu untuk mewujudkan program pemerintah ini. Maka penelitian ini akan memfokuskan terkait Penerapan Program P5 dalam Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di Kabupaten Ponorogo.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | P5, Kebijakan Publik, Kurikulum Merdeka Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Social Science and Political Science > Department of Government Science |
| Depositing User: | Library Umpo |
| Date Deposited: | 25 Jun 2025 04:11 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 02:30 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/16600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
