Efektifitas Pelayanan Publik di Puskesmas Sawoo Kabupaten Ponorogo



Gunadi Hariyanto, Dian Suluh Kusuma Dewi, Irvan Nur Ridho, Yusuf Adam Hilman (2025) Efektifitas Pelayanan Publik di Puskesmas Sawoo Kabupaten Ponorogo. 000883297.

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1. SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH_GUNADI.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of DESKRIPSI HKI] Text (DESKRIPSI HKI)
3. DESKRIPSI HKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of LAPORAN HKI FULL TEXT] Text (LAPORAN HKI FULL TEXT)
4. LAPORAN HKI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SERTIFIKAT HKI] Text (SERTIFIKAT HKI)
5. SERTIFIKAT HKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
6. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://hakcipta.dgip.go.id/legal/c/YTE2ZmEzZjgxMD...

Abstract

Hariyanto, Gunadi. 2025. Efektivitas Pelayanan Publik di Puskesmas Sawoo Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Prodi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : Yusuf Adam Hilman, S.IP.,M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas pelayanan publik yang diberikan oleh Puskesmas Sawoo di Kabupaten Ponorogo. Pertanyaan yang ingin dijawab dari pertanyaan ini adalah : Sejauh mana efektivitas pelayanan publik di Puskesmas Sawoo Kabupaten Ponorogo?

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan penelitian ini adalah pengunjung/pasien dan petugas pemberi layanan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan pengorganisasian data, penyusunan data dan kategorisasi.

Hasil penelitian ini adalah Pelayanan paramedis di Puskesmas Sawoo mengalami modifikasi dengan dilaksanakannya survei kebutuhan pasien, layanan pengaduan, kotak saran, dan mekanisme umpan balik kepuasan/ketidakpuasan. Namun, kualitas layanan poli masih dipertanyakan, karena banyak pasien rawat jalan yang menyatakan ketidakpuasannya mengenai waktu layanan yang lama dan tanggapan yang tidak memadai. Situasi ini menggarisbawahi perlunya partisipasi aktif dalam meningkatkan kualitas layanan dan mematuhi peraturan yang telah ditetapkan sebelumnya. Perbaikan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pasien terhadap layanan yang diberikan oleh staf di Puskesmas Sawoo.

Item Type: Patent
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pelayanan Publik, Puskesmas Sawoo
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Government Science
Depositing User: user fisip
Date Deposited: 10 Nov 2025 03:36
Last Modified: 10 Nov 2025 03:36
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/16796

Actions (login required)

View Item View Item