ANALISIS STRATEGI ADAPTASI DAN INTERAKSI CAESAR W DALAM PROSES PRODUKSI VIDEO TIKTOK



MAULANA, MOH ALIEM HASBI (2025) ANALISIS STRATEGI ADAPTASI DAN INTERAKSI CAESAR W DALAM PROSES PRODUKSI VIDEO TIKTOK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of PERSETUJUAN UNGGAH KARYA] Text (PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1 .pdf

Download (131kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN NEW II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi hasbi SELASA 2 SEPTEMBER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
ANALISIS STRATEGI ADAPTASI DAN INTERAKSI CAESAR W DALAM PROSES PRODUKSI VIDEO TIKTOK

MOH ALIEM HASBI MAULANA
21240910

Kemajuan teknologi komunikasi telah membawa perubahan besar dalam cara manusia berinteraksi, terutama melalui media sosial seperti TikTok. Penelitian ini berfokus pada strategi adaptasi dan pola interaksi yang digunakan oleh Caesar W, dalam membentuk kedekatan dan membangun hubungan dengan audiensnya. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan kreator, serta dokumentasi dari konten-konten yang telah diunggah. Penelitian ini menggunakan metode Interaction Adaptation Theory dari Judee Burgoon, bahwa dalam setiap komunikasi, individu membawa tiga komponen penting, yaitu Requirements (kebutuhan), Expectations (harapan), dan Desires (keinginan) yang disingkat menjadi RED. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Caesar W mampu menyesuaikan diri dengan sangat baik terhadap konteks interaksi dalam konten TikTok-nya. Dari sisi requirement, Caesar menunjukkan empati dan sensitivitas sosial yang tinggi, seperti memberikan ruang aman kepada pedagang yang menjadi objek konten. Dari sisi expectation, Caesar menyesuaikan gaya komunikasi yang sopan, ramah, dan tidak mengintimidasi, demi membangun rasa percaya dari mitra interaksi maupun audiens. Sedangkan dari sisi desire, keinginannya adalah menjadikan kontennya sebagai media edukatif yang bisa menginspirasi orang lain, khususnya dalam mendukung usaha kecil dan membangun solidaritas sosial.
Kata kunci: Analisis, strategi adaptasi, strategi interaksi, produksi, RED

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis, strategi adaptasi, strategi interaksi, produksi, RED
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Moh aliem Hasbi Maulana
Date Deposited: 04 Nov 2025 04:18
Last Modified: 04 Nov 2025 04:18
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17492

Actions (login required)

View Item View Item