PENERAPAN MARKETING PUBLIC RELATIONS PRABU MOTOR INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL TIKTOK



ARDYANSYAH, RAMA RAMADAN (2025) PENERAPAN MARKETING PUBLIC RELATIONS PRABU MOTOR INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL TIKTOK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB) | Request a copy
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Prabu Motor Indonesia menerapkan strategi Marketing Public Relations melalui media sosial TikTok dalam upaya memperkuat citra dan meningkatkan penjualan kendaraan bekas. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teori Marketing Mix 11P sebagai landasan analisis, yang mencakup: Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence, Packaging, Payment, Programming, dan Partnership. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prabu Motor telah memanfaatkan TikTok sebagai media promosi yang efektif dengan konten yang konsisten, menarik, dan mengikuti tren. Strategi promosi yang digunakan tidak hanya menampilkan produk kendaraan, tetapi juga memberikan informasi, hiburan, dan membangun kedekatan emosional dengan audiens. Beberapa elemen 11P diterapkan secara maksimal melalui konten yang dikemas secara kreatif dan persuasif. Namun, aspek Process masih kurang optimal karena sistem transaksi online belum terverifikasi dengan baik, sehingga rawan penipuan. Selain itu, elemen Partnership belum dimaksimalkan karena Prabu Motor belum menjalin kolaborasi strategis secara resmi, melainkan hanya mengandalkan kedatangan konten kreator secara mandiri ke showroom. Dengan demikian, penerapan strategi MPR melalui TikTok oleh Prabu Motor cukup efektif dalam meningkatkan eksistensi merek dan interaksi publik, meskipun masih perlu penguatan pada aspek proses digital dan kemitraan untuk menciptakan sistem pemasaran yang lebih terstruktur dan terpercaya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Marketing Public Relations, TikTok, Prabu Motor Indonesia, Media Sosial, Marketing Mix 11P
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science
Depositing User: Rama Ramadan Ardyansyah
Date Deposited: 04 Nov 2025 03:32
Last Modified: 04 Nov 2025 03:32
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17650

Actions (login required)

View Item View Item