PENERAPAN MARKETING PUBLIC RELATIONS PRABU MOTOR INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL TIKTOK
ARDYANSYAH, RAMA RAMADAN (2025) PENERAPAN MARKETING PUBLIC RELATIONS PRABU MOTOR INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL TIKTOK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.pdf Download (151kB) |
|
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (376kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (869kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) | Request a copy |
|
|
Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Prabu Motor Indonesia menerapkan strategi Marketing Public Relations melalui media sosial TikTok dalam upaya memperkuat citra dan meningkatkan penjualan kendaraan bekas. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teori Marketing Mix 11P sebagai landasan analisis, yang mencakup: Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence, Packaging, Payment, Programming, dan Partnership. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prabu Motor telah memanfaatkan TikTok sebagai media promosi yang efektif dengan konten yang konsisten, menarik, dan mengikuti tren. Strategi promosi yang digunakan tidak hanya menampilkan produk kendaraan, tetapi juga memberikan informasi, hiburan, dan membangun kedekatan emosional dengan audiens. Beberapa elemen 11P diterapkan secara maksimal melalui konten yang dikemas secara kreatif dan persuasif. Namun, aspek Process masih kurang optimal karena sistem transaksi online belum terverifikasi dengan baik, sehingga rawan penipuan. Selain itu, elemen Partnership belum dimaksimalkan karena Prabu Motor belum menjalin kolaborasi strategis secara resmi, melainkan hanya mengandalkan kedatangan konten kreator secara mandiri ke showroom. Dengan demikian, penerapan strategi MPR melalui TikTok oleh Prabu Motor cukup efektif dalam meningkatkan eksistensi merek dan interaksi publik, meskipun masih perlu penguatan pada aspek proses digital dan kemitraan untuk menciptakan sistem pemasaran yang lebih terstruktur dan terpercaya.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Marketing Public Relations, TikTok, Prabu Motor Indonesia, Media Sosial, Marketing Mix 11P |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Social Science and Political Science |
| Depositing User: | Rama Ramadan Ardyansyah |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 03:32 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 03:32 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17650 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
