POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN HIDAYATULLAH DARUL MADINAH MADIUN )



ANTIRA, WULAN (2025) POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN HIDAYATULLAH DARUL MADINAH MADIUN ). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan .pdf

Download (798kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of FULL TEKS SKRIPSI] Text (FULL TEKS SKRIPSI)
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Pola Kepengasuhan, Assertive Training, Motivasi Belajar, Pesantren,
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pola kepengasuhan melalui teknik assertive training serta penerapannya dalam meningkatkan motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darul Madinah Madiun. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya peran musyrif sebagai pendamping santri dalam masa adaptasi awal yang penuh tantangan, khususnya dalam hal penyesuaian diri terhadap lingkungan baru yang jauh dari orang tua, sis-tem yang ketat, serta rutinitas pesantren yang menuntut kedisiplinan dan ke-mandirian. Penurunan motivasi belajar yang kerap dialami santri baru menjadi per-hatian khusus, sehingga diperlukan pendekatan pengasuhan yang lebih komu-nikatif dan humanis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi ter-hadap kepala kepengasuhan, ketua yayasan, pembina asrama, serta para santri. An-alisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola kepengasuhan berbasis assertive training memberikan ruang bagi santri untuk mengekspresikan pikiran dan perasaannya secara tepat, jujur, dan sopan. Musyrif bertindak sebagai fasilitator, bukan hanya pengawas, yang mendorong komunikasi dua arah dalam pengasuhan. Teknik ini diterapkan melalui forum diskusi, permainan peran, dialog reflektif, dan penguatan positif, yang mendorong keterbukaan dan rasa percaya diri santri. Pen-dekatan ini mampu membangun hubungan emosional yang kuat antara santri dan pengasuh, menciptakan lingkungan belajar yang suportif, serta meningkatkan mo-tivasi belajar santri secara signifikan.
Kesimpulannya, teknik assertive training menjadi strategi pengasuhan yang efektif dan kontekstual dalam menjawab kebutuhan santri era kini, sekaligus selaras dengan nilai-nilai keislaman dan prinsip pendidikan karakter yang ditanamkan di pesantren. Teknik ini terbukti mampu menjadi alternatif pengasu-han yang lebih humanis, adaptif, dan membangun kemandirian emosional santri.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pola Kepengasuhan, Assertive Training, Motivasi Belajar, Pesantren
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Wulan Antira Putri
Date Deposited: 04 Nov 2025 03:14
Last Modified: 04 Nov 2025 03:14
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17670

Actions (login required)

View Item View Item