STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN CRITICAL THINGKING SISWA MELALUI LITERASI DIGITAL DI SMAN 1 PONOROGO
Mahmudah, Mahmudah (2025) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN CRITICAL THINGKING SISWA MELALUI LITERASI DIGITAL DI SMAN 1 PONOROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (Surat persetujuan Uanggak Karya Ilmiah)
1. Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah .pdf Download (64kB) |
|
|
Text (Halaman Depan)
2. Halaman Depan .pdf Download (412kB) |
|
|
Text (BAB 1)
3. BAB 1.pdf Download (153kB) |
|
|
Text (BAB 2)
4. BAB 2 .pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3)
5. BAB 3 .pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
6. BAB 4 .pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
7. BAB 5 .pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) | Request a copy |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (198kB) |
|
|
Text (Lampiran)
9. LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (775kB) | Request a copy |
|
|
Text (Skripsi Full Text)
10. Skripsi Full Text .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Berpikir Kritis, Literasi Digital, SMAN 1 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan critical thingking siswa melalui literasi digital di SMAN 1 Ponorogo. Kebutuhan untuk critical thingking menjadi semakin penting di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, di mana siswa dituntut tidak hanya menerima informasi, tetapi juga menganalisis dan mengevaluasi informasi tersebut dengan logis dan objektif. Literasi digital menjadi sarana utama dalam membantu siswa memahami ajaran agama secara kontekstual melalui berbagai media teknologi yang tersedia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menggunakan strategi pembelajaran aktif berbasis teknologi seperti Google Docs, Google Form, Canva, ChatGPT, dan media sosial untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan partisipatif. Selain itu, metode diskusi, problem-based learning, dan proyek digital digunakan untuk mendorong siswa mengevaluasi informasi keagamaan secara kritis.
Strategi-strategi tersebut berhasil meningkatkan kemampuan critical thingking siswa yang ditunjukkan melalui peningkatan keaktifan diskusi, kemampuan berargumen secara logis, serta ketelitian dalam menerima informasi digital. Penelitian ini memberikan kontribusi secara teoritis dalam pengembangan metode pembelajaran PAI berbasis teknologi digital dan secara praktis menjadi rujukan bagi guru untuk membentuk siswa yang critical thingking, cerdas secara spiritual, dan bijak dalam menggunakan media digital.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Berpikir Kritis, Literasi Digital, SMAN 1 Ponorogo. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
| Depositing User: | Mahmudah Mahmudah |
| Date Deposited: | 04 Sep 2025 04:04 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 03:19 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17711 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
