IMPLEMENTASI PROGRAM KEROHANIAN ISLAM DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTAER RELIGIUS SISWA DI SMK PGRI 2 PONORORGO



Wibowo, Fiardi Hanggoro (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM KEROHANIAN ISLAM DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTAER RELIGIUS SISWA DI SMK PGRI 2 PONORORGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of Surat Persetujuan Unggah Karya] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya)
surat persetujuan unggah karya Ardi 2 .pdf

Download (143kB)
[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN -1-15.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
2. BAB 1-16-25.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
3. BAB 2-26-54.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
4. BAB 3-55-67.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
5. BAB 4-68-128.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
6. BAB 5-129-131.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
7. DAPUS -132-137.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN -138-162.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi Full] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI_FIARDI_HANGGORO_W_AJA 3 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

SMK PGRI 2 Ponorogo menerapkan konsep sekolah kejuruan berbasis pondok pesantren melalui implementasi program kerohanian Islam untuk melengkapi pendidikan agama dengan memberikan makna yang lebih mendalam dalam praktik keagamaan. Program ini dikembangkan sebagai respons terhadap perkembangan teknologi yang menimbulkan kegelisahan kepala sekolah dan tenaga pendidik terkait dampaknya terhadap karakter religius peserta didik. Program kerohanian Islam telah terlaksana selama 9 tahun dengan visi meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan pemahaman peserta didik terhadap ajaran Islam.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi program kerohanian Islam dalam pembentukan karakter religius peserta didik, menganalisis dampaknya terhadap perkembangan karakter religius siswa, serta memaparkan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program di lingkungan sekolah kejuruan berbasis pondok pesantren.
Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus melalui teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk menggambarkan kondisi riil implementasi program dan dampaknya terhadap pembentukan karakter religius peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan program kerohanian Islam berhasil diimplementasikan dengan struktur pembelajaran PAI terbagi antara sekolah dan pondok serta evaluasi melalui ujian lisan dan tertulis. Dampak program menunjukkan peningkatan signifikan dalam keimanan, ketakwaan, pengamalan nilai-nilai Islam, kedisiplinan ibadah, akhlak mulia, dan kepedulian sesama. Faktor pendukung meliputi kolaborasi tim religius, pengelola Rohis, guru agama, dukungan fasilitas, dan partisipasi aktif peserta didik. Faktor penghambat meliputi keberagaman kemampuan membaca Al-Qur'an, keterbatasan waktu, variasi motivasi siswa, dan tantangan konsistensi program berkelanjutan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Program Kerohanian Islam, Karakter Religius, SMK PGRI 2 Ponorogo
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Fiardi Hanggoro Wibowo
Date Deposited: 03 Nov 2025 04:10
Last Modified: 03 Nov 2025 04:10
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/18091

Actions (login required)

View Item View Item