IMPLEMENTASI PROGRAM KEROHANIAN ISLAM DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTAER RELIGIUS SISWA DI SMK PGRI 2 PONORORGO
Wibowo, Fiardi Hanggoro (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM KEROHANIAN ISLAM DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTAER RELIGIUS SISWA DI SMK PGRI 2 PONORORGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya)
surat persetujuan unggah karya Ardi 2 .pdf Download (143kB) |
|
|
Text (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN -1-15.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
2. BAB 1-16-25.pdf Download (357kB) |
|
|
Text (BAB II)
3. BAB 2-26-54.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB III)
4. BAB 3-55-67.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB IV)
5. BAB 4-68-128.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V)
6. BAB 5-129-131.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) | Request a copy |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
7. DAPUS -132-137.pdf Download (484kB) |
|
|
Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN -138-162.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (Skripsi Full)
SKRIPSI_FIARDI_HANGGORO_W_AJA 3 .pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
SMK PGRI 2 Ponorogo menerapkan konsep sekolah kejuruan berbasis pondok pesantren melalui implementasi program kerohanian Islam untuk melengkapi pendidikan agama dengan memberikan makna yang lebih mendalam dalam praktik keagamaan. Program ini dikembangkan sebagai respons terhadap perkembangan teknologi yang menimbulkan kegelisahan kepala sekolah dan tenaga pendidik terkait dampaknya terhadap karakter religius peserta didik. Program kerohanian Islam telah terlaksana selama 9 tahun dengan visi meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan pemahaman peserta didik terhadap ajaran Islam.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi program kerohanian Islam dalam pembentukan karakter religius peserta didik, menganalisis dampaknya terhadap perkembangan karakter religius siswa, serta memaparkan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program di lingkungan sekolah kejuruan berbasis pondok pesantren.
Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus melalui teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk menggambarkan kondisi riil implementasi program dan dampaknya terhadap pembentukan karakter religius peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan program kerohanian Islam berhasil diimplementasikan dengan struktur pembelajaran PAI terbagi antara sekolah dan pondok serta evaluasi melalui ujian lisan dan tertulis. Dampak program menunjukkan peningkatan signifikan dalam keimanan, ketakwaan, pengamalan nilai-nilai Islam, kedisiplinan ibadah, akhlak mulia, dan kepedulian sesama. Faktor pendukung meliputi kolaborasi tim religius, pengelola Rohis, guru agama, dukungan fasilitas, dan partisipasi aktif peserta didik. Faktor penghambat meliputi keberagaman kemampuan membaca Al-Qur'an, keterbatasan waktu, variasi motivasi siswa, dan tantangan konsistensi program berkelanjutan.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Program Kerohanian Islam, Karakter Religius, SMK PGRI 2 Ponorogo |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
| Depositing User: | Fiardi Hanggoro Wibowo |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 04:10 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 04:10 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/18091 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
