IMPLEMENTASI METODE UMMI MELALUI TALAQQI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH PONOROGO
CHAIRANI, FEMI ASTIKA CANDRA (2025) IMPLEMENTASI METODE UMMI MELALUI TALAQQI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH PONOROGO. S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.
|
Text (PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
unggah karya.pdf Download (349kB) |
|
|
Text (HALAMAN DEPAN)
01 COVER - ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB 1)
02 BAB I.pdf Download (411kB) |
|
|
Text (BAB 2)
03 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3)
04 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
05 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
06 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN- LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (TESIS FEMI ASTIKA FULL TEXT)
TESIS FEMI ASTIKA CANDRA CHAIRANI_23160333.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Femi Astika Candra Chairani. “Implementasi Metode Ummi Melalui Talaqqi Dalam Meningkatkan Hafalan Siswa di SD Muhammadiyah Ponorogo”. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Muhammadiyah ponorogo, Pembimbing: 1. Dr. Rido Kurnianto, M.Ag, dan 2. Dr. Aldo Redho Syam, M.Pd.I.
Kata Kunci: Talaqqi, Tahfidz, Metode Ummi
Faktor utama yang melatarbelakangi adanya metode Ummi melalui Talaqqi pada kelas Tahfidz adalah kemampuan membaca Al-Qur’an masih dibawah standar yaitu jilid 1 sampai jilid 4, belum bisa membedakan panjang pendek pada bacaan, belum mengetahui hukum Tajwid dan tempat keluarnya huruf atau makhraj dengan baik dan benar. Kesulitan yang dialami siswa dalam belajar membaca dan menghafal Al-Qur’an dikarenakan jenuh dalam belajar, jurangnya motivasi, faktor keluarga yang kurang mendukung, kurang lengkap sarana dan prasarana yang ada, juga lingkungan tempat belajar yang kurang kondusif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Ummi melalui Talaqqi dalam meningkatkan kemampuan bacaan dan hafalan siswa kelas Tahfidz SD Muhammadiyah Ponorogo. Hal ini menarik untuk diteliti karena banyak siswa yang ingin mengikuti program kelas Tahfidz akan tetapi dari segi bacaan dan hafalan masih kurang standar sesuai kaidah hukum baca Al-Qur’an atau ilmu Tajwid. Model Talaqqi yang terdapat dalam metode Ummi sebagai upaya meningkatkan kemampuan bacaan serta hafalan siswa kelas Tahfidz Qur’an SD Muhammadiyah Ponorogo.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian studi kasus dengan memahami suatu fenomena yang ada di SD Muhammadiyah Ponorogo. Fenomena yang terjadi adalah bagaimana implementasi metode Ummi melalui Talaqqi dalam meningkatkan kemampuan bacaan dan hafalan siswa di SD Muhammadiyah Ponorogo. Penelitian ini mengacu pada teori penelitian studi kasus yang dilakukan dalam penelitian kualitatif . Data penelitian Kualitatif berasal dari wawancara, analisis dokumen, dokumentasi dan observasi partisipatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya implementasi metode Ummi di SD Muhammadiyah Ponorogo terdapat tiga tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan pembelajaran tertuang dalam RPP yang dirancang oleh guru pengampu. Dari RPP tersebut menghasilkan pembelajaran efektif sesuai 7 tahapan mengajar yakni pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, ketrampilan atau evaluasi, drill dan penutup. Siswa kelas tahfidz SD Muhammadiyah Ponorogo tidak hanya fokus dalam menghafal, akan tetapi juga menjaga dan meningkatkan kualitas bacaan dengan mengikuti berbagai kegiatan seperti khotmul qur’an dan Imtihan, wisuda tahfidz yang diadakan oleh bapak bupati ponorogo bahkan mengikuti kompetisi tahfidz tingkat nasional.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program |
| Depositing User: | Femi Astika Candra Chairani Femi Astika Candra Chairani |
| Date Deposited: | 16 Sep 2025 01:47 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 06:00 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/18274 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
