Peran Pengurus Masjid Kampus Dalam Peningkatan Literasi Digital Keagamaan (Studi Kasus di Masjid Al Manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo dan Masjid Universitas Darussalam Gontor)



Fikriytyah, Tsamrotul (2025) Peran Pengurus Masjid Kampus Dalam Peningkatan Literasi Digital Keagamaan (Studi Kasus di Masjid Al Manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo dan Masjid Universitas Darussalam Gontor). S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiyah] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiyah)
surat karya ilmiyah.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (796kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Tesis Full] Text (Tesis Full)
Full Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
Tsamrotul Fikriyyah, “Peran Pengurus Masjid Kampus Dalam Peningkatan Literasi Digital Keagamaan (Studi Kasus di Masjid Al Manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo dan Masjid Universitas Darussalam Gontor).” Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mohammad Muslih, MA. (2) Dr. Sudarmadi, M.Ag.
Kata kunci: literasi digital keagamaan, dakwah digital, masjid kampus.
Penelitian ini Menggambarkan tentang upaya peningkatan literasi digital keagamaan dalam kegiatan di masjid kampus Al Manar umpo dan masjid kampus universitas Darussalam gontor. Serta Menjelaskan tentang kebermaknaan kegiatan dalam peningkatan literasi digital di masjid kampus Al Manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo dan Masjid Kampus Universitas Darussalam Gontor.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan gambaran komprehensif tentang dinamika pengelolaan literasi digital oleh pengurus masjid dan partisipasi mahasiswa di dalam kegiatan peningkatan literasi digital keagamaan di masjid kampus Al Manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo, dan masjid kampus Universitas Darussalam Gontor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengurus masjid berperan strategis tidak hanya sebagai fasilitator akses teknologi digital dan kurator konten keagamaan daring yang kredibel, tetapi juga sebagai pelaksana program pelatihan dan lokakarya literasi media sosial. Mahasiswa dilibatkan aktif sebagai produsen konten dakwah yang kreatif dan kritis, memperkuat ekosistem digital keagamaan yang inklusif dan adaptif. Kendati demikian, terdapat tantangan berupa kesenjangan antara konsumsi konten dan partisipasi sosial nyata mahasiswa dalam kegiatan masjid. Kebermaknaan kegiatan literasi digital ini terletak pada fungsinya sebagai instrumen transformatif yang membangun karakter religius, kecakapan etika digital, dan kesadaran sosial, sekaligus menjadikan masjid kampus sebagai pusat dakwah digital yang mampu menjawab tantangan diseminasi informasi di era digital. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi dakwah dan pemberdayaan literasi digital keagamaan di lingkungan akademik yang dinamis dan kontekstual.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: literasi digital keagamaan, dakwah digital, masjid kampus.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: Tsamrotul Fikriyyah
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:38
Last Modified: 28 Oct 2025 03:38
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/18532

Actions (login required)

View Item View Item