Pendidikan Inklusif: Kebijakan dan Implementasi



Mahardhani, Ardhana Januar and Cahyono, Hadi (2025) Pendidikan Inklusif: Kebijakan dan Implementasi. Unmuh Ponorogo Press, Jalan Budi Utomo Nomor 10 Ponorogo-63471.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
Cover Pendidikan Inklusif.pdf

Download (898kB)
[thumbnail of ISI] Text (ISI)
Pendidikan Inklusif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan inklusif muncul sebagai respon terhadap paradigma lama yang bersifat eksklusif, di mana anak-anak berkebutuhan khusus seringkali dipisahkan dari lingkungan belajar reguler. Pendekatan segregatif tersebut dianggap tidak sejalan dengan nilai- nilai kemanusiaan dan keadilan sosial. Melalui pendidikan inklusif, semua peserta didik diharapkan dapat belajar bersama dalam satu lingkungan yang saling menghargai perbedaan, serta memperoleh dukungan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Hal ini sejalan dengan komitmen global dalam Education for All (EFA) dan Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya tujuan keempat yang menekankan pendidikan berkualitas yang inklusif dan merata untuk semua.

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Ebook
Depositing User: administrator administrator umpo
Date Deposited: 08 Dec 2025 05:59
Last Modified: 08 Dec 2025 05:59
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/18706

Actions (login required)

View Item View Item