Anggreini, Eka Oktavia (2022) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP MOTIVASI BEAJAR PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDIT QURROTA A'YUN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah (Eka Oktavia Anggreini).pdf Download (518kB) |
|
Text
1 Halaman Depan (Judul-Abstrak).pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
|
Text (Lampiran-Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Eka Oktavia Anggreini, 2022, Efektivitas Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas IV di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Skripsi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2022, Pembimbing (I) Dr. Ayok Ariyanto M.Pd.I dan Pembimbing (II) Nurul Abidin, M.Ed. Kata Kunci: Creative Problem Solving, Motivasi Belajar Creative problem solving adalah salah metode pembelajaran yang menekankan pada pengembangan bakat dan keterampilan kreatif dalam pemecahan masalah peserta didik melalui pemecahan masalah setelah itu mengembangka keterampilannya dalam menyelesaikan masalah. Sedangkan motivasi belajar secara efektif akan mendapatkan hasil terbaik, seseorang harus memiliki motivasi dalam dirinya. SDIT Qurrota A'yun Ponorogo salah satu sekolah favorit yang menggunakan metode pembelajaran creative problem solving. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai efektivitas metode pembelajaran creative problem solving terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas IV SDIT Qurrota A'yun Ponorogo. Peserta didik harus didorong atau dimotivasi oleh pendidik untuk belajar jika mereka ingin mencapai hasil belajar terbaik. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan ex post facto dan survey dengan teknik sampling menggunakan simple random sampling, dengan sampel sebanyak 53 peserta didik dengan menyebarkan angket secara tulisan. Penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian ini menggunakan banyak proses uji analisis data, sehingga disimpulkan bahwa creative problem solving efektif meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV SDIT Qurrota A'yun Ponorogo dalam pembelajaran matematika. Keefektifan metode pembelajaran creative problem solving memiliki nilai efektivitas sebesar 38,3% terhadap motivasi belajar pelajaran matematika peserta didik kelas IV SDIT Qurrota A'yun Ponorogo. Berarti bahwa 61,7 persen dipengaruhi oleh unsur-unsur lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Creative Problem Solving, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 02:55 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 02:55 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10067 |
Actions (login required)
View Item |