EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP MOTIVASI BEAJAR PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDIT QURROTA A'YUN PONOROGO

Anggreini, Eka Oktavia (2022) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP MOTIVASI BEAJAR PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDIT QURROTA A'YUN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah (Eka Oktavia Anggreini).pdf

Download (518kB)
[img] Text
1 Halaman Depan (Judul-Abstrak).pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text (Lampiran-Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Eka Oktavia Anggreini, 2022, Efektivitas Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas IV di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Skripsi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2022, Pembimbing (I) Dr. Ayok Ariyanto M.Pd.I dan Pembimbing (II) Nurul Abidin, M.Ed. Kata Kunci: Creative Problem Solving, Motivasi Belajar Creative problem solving adalah salah metode pembelajaran yang menekankan pada pengembangan bakat dan keterampilan kreatif dalam pemecahan masalah peserta didik melalui pemecahan masalah setelah itu mengembangka keterampilannya dalam menyelesaikan masalah. Sedangkan motivasi belajar secara efektif akan mendapatkan hasil terbaik, seseorang harus memiliki motivasi dalam dirinya. SDIT Qurrota A'yun Ponorogo salah satu sekolah favorit yang menggunakan metode pembelajaran creative problem solving. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai efektivitas metode pembelajaran creative problem solving terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas IV SDIT Qurrota A'yun Ponorogo. Peserta didik harus didorong atau dimotivasi oleh pendidik untuk belajar jika mereka ingin mencapai hasil belajar terbaik. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan ex post facto dan survey dengan teknik sampling menggunakan simple random sampling, dengan sampel sebanyak 53 peserta didik dengan menyebarkan angket secara tulisan. Penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian ini menggunakan banyak proses uji analisis data, sehingga disimpulkan bahwa creative problem solving efektif meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV SDIT Qurrota A'yun Ponorogo dalam pembelajaran matematika. Keefektifan metode pembelajaran creative problem solving memiliki nilai efektivitas sebesar 38,3% terhadap motivasi belajar pelajaran matematika peserta didik kelas IV SDIT Qurrota A'yun Ponorogo. Berarti bahwa 61,7 persen dipengaruhi oleh unsur-unsur lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 09 Sep 2022 02:55
Last Modified: 09 Sep 2022 02:55
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10067

Actions (login required)

View Item View Item