Daroini (2023) MODERNISASI MODEL PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MODERN AR-RISALAH SLAHUNG PONOROGO. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN.pdf Download (288kB) |
|
Text (COVER HALAMAN DEPAN)
Cover.pdf Download (887kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (425kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (849kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (370kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text (THESIS FULL TEXT)
Tesis 2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Abstract DAROINI, NIM: 20160227, Modernisasi Model Pendidikan di Pondok Pesantren Modern Ar-Risalah Slahung Ponorogo, Tesis, Progam Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing: (1) Dr. M. Zainal Arif, M.A, (2) Dr. Nuraini, M.Pd.I. Penelitian ini berlatar belakang modernisasi model pendidikan di pondok pesantren Arrisalah yaitu dengan mempelajari model pendidikan di harapkan mampu untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam di pondok pesantren modern Ar-Risalah sehingga dapat bersaing di era saat ini. Model pendidikan islam di pondok pesantren modern Ar-Risalah sudah terbentuk dengan baik namun perlu di modernisasi agar kualitas pendidikan yang dihasilkan dapat relefan dengan perekembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana konsep dan implementasi serta untuk mengetahui implikasi model pendidikan di pondok pesantren modern Ar-Risalah Slahung Poonorogo. Pendekatan peneliti disni menggunakan penelitian kualitatif untuk memberikan gambaran deskriptif tentang modernisasi model pendidikan di Pondok Pesantren Modern Ar Risalah Slahung Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah triangulasi, diskusi sejawat, kecukupan referensi data yaitu dengan menggabungkan data dari berbagai aspek untuk menarik kesimpulan dari hasil mempelajari suatu masalah. Lokasi penelitian dilakukan di pondok pesantren modern Ar-Risalah Slahung Ponorogo. Hasil dari penelitian tersebut peneliti dapat menyimpulkan: Pertama, Konsep modernisasi model pendidikan di pondok pesantren modern Ar Risalah Slahung Ponorogo yaitu mecerdaskan umat yang tetap berpegang teguh dengan Al-Qur’an As-Sunnah. Kedua, Implementasai modernisasi model pendidikan di pondok pesantren modern Ar Risalah Slahung Ponorogo. Ketiga, Implikasi modernisasi model pendidikan di pondok pesantren modern Ar Risalah Slahung Ponorogo. Dengan demikian pondok diharapkan mampu mengkolaborasikan kurikulum pondok dan kurikulum umum sesuai peradaban zaman yang semakin maju, para santri atau peserta didiknya menjadi lebih disiplin, kreatif, berenovasi, mampu menjawab tantangan zaman dan berakhlak mulia, kepercayan masyarakat semakin meningkat sehingga banyak orang tua yang menyekolahkan ke pondok. Kata Kunci: Modernisasi, Model Pendidikan, Pondok Pesantren
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Modernisasi, Model Pendidikan, Pondok Pesantren |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 14 Mar 2023 04:14 |
Last Modified: | 14 Mar 2023 04:14 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11165 |
Actions (login required)
View Item |