MODERNISASI MODEL PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MODERN AR-RISALAH SLAHUNG PONOROGO

Daroini (2023) MODERNISASI MODEL PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MODERN AR-RISALAH SLAHUNG PONOROGO. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN.pdf

Download (288kB)
[img] Text (COVER HALAMAN DEPAN)
Cover.pdf

Download (887kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (425kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text (THESIS FULL TEXT)
Tesis 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstract DAROINI, NIM: 20160227, Modernisasi Model Pendidikan di Pondok Pesantren Modern Ar-Risalah Slahung Ponorogo, Tesis, Progam Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing: (1) Dr. M. Zainal Arif, M.A, (2) Dr. Nuraini, M.Pd.I. Penelitian ini berlatar belakang modernisasi model pendidikan di pondok pesantren Arrisalah yaitu dengan mempelajari model pendidikan di harapkan mampu untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam di pondok pesantren modern Ar-Risalah sehingga dapat bersaing di era saat ini. Model pendidikan islam di pondok pesantren modern Ar-Risalah sudah terbentuk dengan baik namun perlu di modernisasi agar kualitas pendidikan yang dihasilkan dapat relefan dengan perekembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana konsep dan implementasi serta untuk mengetahui implikasi model pendidikan di pondok pesantren modern Ar-Risalah Slahung Poonorogo. Pendekatan peneliti disni menggunakan penelitian kualitatif untuk memberikan gambaran deskriptif tentang modernisasi model pendidikan di Pondok Pesantren Modern Ar Risalah Slahung Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah triangulasi, diskusi sejawat, kecukupan referensi data yaitu dengan menggabungkan data dari berbagai aspek untuk menarik kesimpulan dari hasil mempelajari suatu masalah. Lokasi penelitian dilakukan di pondok pesantren modern Ar-Risalah Slahung Ponorogo. Hasil dari penelitian tersebut peneliti dapat menyimpulkan: Pertama, Konsep modernisasi model pendidikan di pondok pesantren modern Ar Risalah Slahung Ponorogo yaitu mecerdaskan umat yang tetap berpegang teguh dengan Al-Qur’an As-Sunnah. Kedua, Implementasai modernisasi model pendidikan di pondok pesantren modern Ar Risalah Slahung Ponorogo. Ketiga, Implikasi modernisasi model pendidikan di pondok pesantren modern Ar Risalah Slahung Ponorogo. Dengan demikian pondok diharapkan mampu mengkolaborasikan kurikulum pondok dan kurikulum umum sesuai peradaban zaman yang semakin maju, para santri atau peserta didiknya menjadi lebih disiplin, kreatif, berenovasi, mampu menjawab tantangan zaman dan berakhlak mulia, kepercayan masyarakat semakin meningkat sehingga banyak orang tua yang menyekolahkan ke pondok. Kata Kunci: Modernisasi, Model Pendidikan, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Modernisasi, Model Pendidikan, Pondok Pesantren
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 14 Mar 2023 04:14
Last Modified: 14 Mar 2023 04:14
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11165

Actions (login required)

View Item View Item