KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM KONTEN MEDIA SOSIAL DALAM TOKOH "PAK BHABIN" DI DALAM SOSIALISASI TERTIB KAMTIBMAS (Sebuah Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @polisimotret di Sosial Media Youtube)

MAULANA, FAKHRI (2023) KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM KONTEN MEDIA SOSIAL DALAM TOKOH "PAK BHABIN" DI DALAM SOSIALISASI TERTIB KAMTIBMAS (Sebuah Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @polisimotret di Sosial Media Youtube). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (123kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (720kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (601kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi Persuasif Dalam Konten Media Sosial Dalam Tokoh “Pak Bhabin” Di Dalam Sosialisasi Tertib Kamtibmas (Sebuah Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @polisimotret di Sosial Media Youtube) Fakhri Maulana NIM. 19240741 Skripsi ini berjudul Komunikasi Persuasif Dalam Konten Media Sosial Dalam Tokoh “Pak Bhabin” Di Dalam Sosialisasi Tertib Kamtibmas (Sebuah Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @polisimotret di Sosial Media Youtube). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan komunikasi persuasif akun @polisimotret di media sosial Youtube. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dalam hal ini peneliti lebih memperhatikan proses daripada hasil dan lebih memperhatikan interpretasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pak Bhabin menggunakan teknik partisipasi pada video yang berjudul “Mbagi Warisan” dan pada video yang berjudul “Pak Bhabin di Prank Pemuda Ini Kena Batunya”. (2) Pak Bhabin menggunakan teknik asosiasi pada video yang berjudul “Demam Lato-Lato” dan video yang berjudul “Kok BBM Naik”. (3) Pak Bhabin menggunakan teknik icing dalam video di channel youtube Polisi Motret diantara video yang berjudul “Sekolah Zaman Pandemi”, video yang berjudul “Polisi vs Preman”, dan video yang berjudul “Bisnis Penggandaan Uang”. (4) Pak Bhabin menggunakan teknik pay off idea dalam video di channel youtube Polisi Motret diantara video yang berjudul “Terror Begal” dan pada video yang berjudul “Sopir Ugal-ugalan”. (5) Pak Bhabin menggunakan teknik fear arousing yaitu pada video yang berjudul “Gagal Bunuh Diri” dan pada video yang berjudul “Jadi Pengedar Sabu, Dul Kemit Ditangkap Petugas”. (6) Metode yang sering digunakan dalam video di Youtube @polisimotret adalah teknik pay off idea dengan mengunggah video yang mengandung sugesti, janji, anjuran, himbauan, bahwa bila anjuran itu dipatuhi/ditaati atau dilaksanakan, maka hasilnya akan memuaskan. (7) Konten Youtube @polisimotret dapat dijadikan sebagai acuan bagi instansi Polri dalam memberikan himbauan kepada masyarakat, hal ini dibuktikan dengan banyaknya jumlah penonton dan komentar positif dalam setiap video yang diunggah. Kata Kunci: Komunikasi, Persuasif, Media Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif di Media Sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: fisip . userfisip
Date Deposited: 16 Mar 2023 07:41
Last Modified: 16 Mar 2023 07:41
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11236

Actions (login required)

View Item View Item