Saputri, Eliana Hayu (2023) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED BERBASIS FUN LEARNING DAN PENDEKATAN OPEN ENDED. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Imiah)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (104kB) |
|
Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (284kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (93kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
SAPUTRI, ELIANA HAYU: Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Pendekatan Open Ended berbasis Fun learning dan Pendekatan Open Ended. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan open ended berbasis fun learning, (2) mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan open ended, (3) mengetahui apakah hasil belajar matematika dengan pendekatan open ended berbasis fun learning lebih baik daripada hasil belajar matematika dengan pendekatan open ended. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian postest only control group design, dimana populasi mencakup semua kelas VII MTs Al-Islam Joresan yang terdiri dari 24 kelas. Dari 24 kelas tersebut, kelas VII A dan VII B terpilih secara acak sebagai sampel. Kelas VII A terpilih secara acak menjadi kelas eksperimen 1 yang akan mendapat perlakuan dengan pendekatan open ended berbasis fun learning sedangkan kelas VII B terpilih secara acak menjadi kelas eksperimen 2 dan akan mendapatkan perlakuan dengan pendekatan open ended. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes yang berupa postest. Sedangkan instrumen yang digunakan berupa soal-soal tes. Dari penelitian tersebut, teknik analisis data yang digunakan untuk membandingkan hasil belajar dari dua pendekatan yang telah diterapkan adalah dengan uji Independent T Sample. Dari penelitian yang telah dilakukan, mendapatkan hasil bahwa kelas dengan pendekatan open ended berbasis fun learning memiliki hasil belajar matematika sebesar 80,80 dan mendapat predikat B dengan kategori penilaian baik. Sedangkan pada kelas dengan pendekatan open ended memiliki hasil belajar matematika sebesar 76,14 dan mendapat predikat C dengan kategori penilaian cukup. Dari kedua hasil tersebut, setelah diuji dengan menggunakan uji Independent T Sample mendapatkan pernyataan bahwa pengaruh pendekatan open ended berbasis fun learning lebih baik daripada pendekatan open ended terhadap hasil belajar matematika. Kata Kunci: Hasil belajar matematika, pendekatan open ended, pendekatan open ended berbasis fun learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar matematika, pendekatan open ended, pendekatan open ended berbasis fun learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 08:26 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 08:26 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12223 |
Actions (login required)
View Item |