PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED BERBASIS FUN LEARNING DAN PENDEKATAN OPEN ENDED

Saputri, Eliana Hayu (2023) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED BERBASIS FUN LEARNING DAN PENDEKATAN OPEN ENDED. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Imiah)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (104kB)
[img] Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (284kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (93kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SAPUTRI, ELIANA HAYU: Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Pendekatan Open Ended berbasis Fun learning dan Pendekatan Open Ended. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan open ended berbasis fun learning, (2) mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan open ended, (3) mengetahui apakah hasil belajar matematika dengan pendekatan open ended berbasis fun learning lebih baik daripada hasil belajar matematika dengan pendekatan open ended. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian postest only control group design, dimana populasi mencakup semua kelas VII MTs Al-Islam Joresan yang terdiri dari 24 kelas. Dari 24 kelas tersebut, kelas VII A dan VII B terpilih secara acak sebagai sampel. Kelas VII A terpilih secara acak menjadi kelas eksperimen 1 yang akan mendapat perlakuan dengan pendekatan open ended berbasis fun learning sedangkan kelas VII B terpilih secara acak menjadi kelas eksperimen 2 dan akan mendapatkan perlakuan dengan pendekatan open ended. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes yang berupa postest. Sedangkan instrumen yang digunakan berupa soal-soal tes. Dari penelitian tersebut, teknik analisis data yang digunakan untuk membandingkan hasil belajar dari dua pendekatan yang telah diterapkan adalah dengan uji Independent T Sample. Dari penelitian yang telah dilakukan, mendapatkan hasil bahwa kelas dengan pendekatan open ended berbasis fun learning memiliki hasil belajar matematika sebesar 80,80 dan mendapat predikat B dengan kategori penilaian baik. Sedangkan pada kelas dengan pendekatan open ended memiliki hasil belajar matematika sebesar 76,14 dan mendapat predikat C dengan kategori penilaian cukup. Dari kedua hasil tersebut, setelah diuji dengan menggunakan uji Independent T Sample mendapatkan pernyataan bahwa pengaruh pendekatan open ended berbasis fun learning lebih baik daripada pendekatan open ended terhadap hasil belajar matematika. Kata Kunci: Hasil belajar matematika, pendekatan open ended, pendekatan open ended berbasis fun learning.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar matematika, pendekatan open ended, pendekatan open ended berbasis fun learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 31 Aug 2023 08:26
Last Modified: 31 Aug 2023 08:26
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12223

Actions (login required)

View Item View Item