PENGARUH MOTIVASI GURU TAHFIDZ DALAM MENUMBUHKAN MINAT PESERTA DIDIK UNTUK MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MI HASAN MUNADI KARANGAN BADEGAN PONOROGO

Munawaroh, ISTIA (2023) PENGARUH MOTIVASI GURU TAHFIDZ DALAM MENUMBUHKAN MINAT PESERTA DIDIK UNTUK MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MI HASAN MUNADI KARANGAN BADEGAN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
Surat Persetujuan Unggah Karya.pdf

Download (266kB)
[img] Text (Halaman Depan)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
3. BAB 1.pdf

Download (656kB)
[img] Text (Bab 2)
4. BAB 2.pdf

Download (816kB)
[img] Text (Bab 3)
5. BAB 3.pdf

Download (893kB)
[img] Text (Bab 4)
6. BAB 4.pdf

Download (704kB)
[img] Text (Bab 5)
7. BAB 5.pdf

Download (257kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)
[img] Text (Lampiran)
9. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
10. SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tugas seorang guru tahfidz bagi pedidikan peerta didik adalah sebagai mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Adapun peran guru tahfidz dalam menumbuhkan minat hafalan peerta didik adalah mengontrol dan membimbing. Perhatian dan motivasi guru tahfidz dapat membantu dan mendorong peserta didik untuk lebih berhasil dalam menghafal Al-Qur’an. Yang mana peranan seorang guru tahfidz adalah memberikan dukungan, membimbing, dan memotivasi peerta didik. Berdaarkan hal terebut, peneliti tetarik untuk mengadakan sebuah penelitian dengan mengusung rumusan masalah Bagaimana pengaruh motivasi guru tahfidz terhadap minat peserta didik dalam menghafalkan al-Qur’an di MI Hasan Munadi di Pohsawit Karangan Badegan Ponorogo? Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kuantitatif. Metode ini disebut juga metode discovery, karena metode ini dapat ditemukan dan dikembangkan berbagai iptek baru. Metode ini disebut metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Metode ini diambil dengan tujuan untuk menemukan hipotesis sekaligus membuktikan validitas hipotesis tersebut. Data-data diambil pada MI Hasan Munadi Karangan Badegan Ponorogo yang merupakan tempat penelitian, sedangkan teknik yang digunakan penelitian adalah angket. Pada penelitian ini ditemukan bahwa 1) Motivasi guru tahfidz di MI Hasan Munadi memberikan dorongan dan kemauan yang tinggi dalam diri peserta didik xii untuk belajar dan berusaha untuk mencapai tujuan, yaitu menghafal Al-Qur’an dengan sepenuh hati agar mencapai target hafalan, 2) Motivasi guru tahfidz terhadap menumbuhkan minat peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an di MI Hasan Munadi dapat dilaksanakan dengan memberikan dorongan kepada peserta didik dalam mencurahkan segala upaya untuk menghafal Al-Qur’an, memotivasi untuk senantiasa menjahui hal-hal yang mampu melemahkan tekan mereka dalam menghafal Al-Qur’an, memberikan kisah inspirasi dalam Al-Qur’an tentang kemuliaan orang yang menghafalkan Al-Qur’an, memberikan reward bagi siswa yang hafalannya lebih cepat dalam mencapai target hafalannya, dan memberikan pengajaran serta contoh teladan untuk menjadikan sebagai washilah untuk menghafal Al-Qur’an, 3) Pengaruh motivasi guru tahfidz dalam menumbuhkan minat peserta didik untuk menghafal Al-Qur’an ialah kedua variabel yang memiliki pengaruh positif. Hal ini dapat diamati dari hasil pengelolaan dan perhitungan data berdasarkan harga r hitung 0,701, serta nilai koefisien determinasi (r square) = 0,491 dimana harga tersebut lebih dari r tabel (0,294). Selain itu juga diperlihatkan dengan harga t hitung 6,440 yang lebih dari harga t tabel 1,679. Berdasarkan hasil tersebut, maka kedua variabel aling berpengaruh yang signifikan positif, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi Guru Tahfidz , Minat Menghafal Al-Qur’an.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 14 Sep 2023 05:08
Last Modified: 14 Sep 2023 05:08
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12471

Actions (login required)

View Item View Item