PENGGUNAAN MEDIA JEPIT BIJI PALAWIJA (MEJILAWI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK PADA KELOMPOK A DI TK FULLDAY PAS BAITUL QUR'AN

Kotimah, Siti Kusnul (2023) PENGGUNAAN MEDIA JEPIT BIJI PALAWIJA (MEJILAWI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK PADA KELOMPOK A DI TK FULLDAY PAS BAITUL QUR'AN. "Jurnal Pendidik islam" publised by Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung, 11 (2). Juli-Desember. ISSN 2407-3717(print): 2338-3054

[img] Text (surat persetujuan unggah karya)
surat persetujuan .pdf

Download (574kB)
[img] Text (Halaman Depan)
BAGIAN AWAL II.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ISI Artikel)
JURNAL ISI.pdf

Download (530kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (999kB)
[img] Text (Artikel Full Text)
FULL TEXT.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://sinta.ristekbrin.go.id/journals/detail?id=1...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan media jepit biji palawija (mejilawi) dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak dan hasil peningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak melalui media jepit biji palawija (mejilawi) pada kelompok A di TK Fullday PAS Baitul Qur’an. Subyek pada penelitian ini ialah anak kelompok A TK Fullday Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dengan bekerjasama antara peneliti dan guru kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan tes lisan. Adapun dalam metode analisis data, digunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Model penelitian yang digunakan mengacu pada teori Kemmis dan McTaggart yang diterapkan dalam bentuk spiral yang terdiri dari dua siklus dan empat tahapan pada setiap siklus penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penggunaan media pembelajaran mejilawi dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak di TK Fullday PAS Baitul Qur’an Gontor terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1) anak menyusun 10 mangkok dengan rapi dan menghitungnya; (2) anak menyusun dan meletakkan angka 1 sampai dengan 10 dibawah mangkok; (3) anak menjepit biji palawija dengan baik dan benar; (4) anak memasukkan biji palawija yang dijepit sejumlah lambang bilangannya; dan (5) anak diberikan kesempatan untuk menghitung kembali jumlah biji palawija pada setiap mangkok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir simbolik anak meningkat setelah diterapkannya mejilawi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa dalam siklus I, dari total 20 anak usia 4-5 tahun di TK Fullday PAS Baitul Qur'an, sebanyak 11 anak (55%) memperoleh nilai BSH dan BSB. Sementara dalam siklus II, terdapat peningkatan jumlah anak yang memperoleh nilai BSH dan BSB menjadi 17 anak (85%). Kesimpulan dari penelitian ini ialah, dengan menggunakan mejilawi dapat meningkatkan kemampuan berpikir simbolik pada anak kelompok A di TK Fullday PAS Baitul Qur’an Gontor. Kata Kunci: Berpikir Simbolik, Media Pembelajaran Mejilawi, Proses Pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Berpikir Simbolik, Media Pembelajaran Mejilawi, Proses Pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:28
Last Modified: 14 Sep 2023 03:28
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12735

Actions (login required)

View Item View Item