PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI MIN BOGEM SAMPUNG PONOROGO

Rafika Fitri, Ria (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI MIN BOGEM SAMPUNG PONOROGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (10MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang masih terpusat pada guru mengakibatkan rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari aktivitas siswa selama proses pembelajaran yang cenderung pasif dan kurang memperhatikan. Model pembelajaran Missouri Mathematics Project adalah salah satu model kooperatif yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Menurut peneliti MMP ini sangat relevan untuk mengatasi masalah di atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas VI MIN Bogem Sampung Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI MIN Bogem Sampung Ponorogo dengan jumlah siswa sebanyak 26 anak. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa untuk mengetahui persentase rata-rata aktivitas belajar siswa dan soal tes yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa meningkat. Hal itu dibuktikan dari hasil observasi aktivitas dan tes akhir siklus III yang menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa telah mencapai 72,24 %. Hasil ini termasuk pada kriteria baik. Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa meningkat menjadi 76,53 yang pada awalnnya adalah 71. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VI MIN Bogem Sampung Ponorogo. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 31 Mar 2016 02:38
Last Modified: 31 Mar 2016 02:38
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1816

Actions (login required)

View Item View Item