PENGARUH WORD OF MOUTH, KELOMPOK ACUAN DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASI TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MERK PADA SMARTPHONE SAMSUNG BAGI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI ANGKATAN 2017 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

Prabowo, Adi (2021) PENGARUH WORD OF MOUTH, KELOMPOK ACUAN DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASI TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MERK PADA SMARTPHONE SAMSUNG BAGI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI ANGKATAN 2017 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat persetujuan Adi.pdf

Download (334kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (429kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (163kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (371kB)

Abstract

Perusahaan teknologi yang berkembang di Indonesia saat ini sangat memberikan dampak bagi kehidupan. Dilihat dari teknologi yang semakin berkembang dan canggih khususnya pada smartphone memberikan kemudahan dalam menyelesaikan berbagai aktivitas dan pekerjaan, sehingga membuat persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat dan membuat para pelaku bisnis berlomba-lomba menciptakan sebuah produk yang unggul dan diterima oleh banyak masyarakat. Penelitian ini menjelaskan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan perpindahan merk pada smartphone Samsung bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 2017 Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah secara parsial word of mouth, kelompok acuan dan kebutuhan mencari variasi berpengaruh terhadap keputusan perpindahan merk dan untuk mengetahui secara simultan dari ketiga variabel terhadap keputusan perpindahan merk. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data primer. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner secara online berupa pernyataan tertulis guna memperoleh keterangan dari responden. Untuk mengetahui kevalidan dan kereliabelan dari kuesioner dilakukan pengujian berupa uji validitas dengan pearson correlation dan uji reliabilitas dengan cronbach alpha. Sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji T (parsial), uji F (simultan) dan koefisien determinasi R2. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama, variabel word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan perpindahan merk dengan nilai thitung (2,158) > ttabel (1,985) dan nilai sig. 0,033 < 0,05. Kedua, variabel kelompok acuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan perpindahan merk dengan nilai thitung (3,232) > ttabel (1,985) dan nilai sig. 0,002 < 0,05. Ketiga, variabel kebutuhan mencari variasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan perpindahan merk dengan nilai thitung (5,465) > ttabel (1,985) dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Keempat, variabel word of mouth, kelompok acuan dan kebutuhan mencari variasi berpengaruh simultan terhadap keputusan perpindahan merk dengan nilai Fhitung (30,349) > Ftabel () dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Kata kunci : word of mouth, kelompok acuan, kebutuhan mencari variasi, keputusan perpindahan merk

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: word of mouth, kelompok acuan, kebutuhan mencari variasi, keputusan perpindahan merk
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 25 Aug 2021 01:27
Last Modified: 13 Oct 2021 03:40
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7001

Actions (login required)

View Item View Item