Nadhifah Mualifah, Kun (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMP NEGERI 6 PONOROGO PADA PEMBELAJARAN DARING DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Kun Nadhifah Mualifah (surat pesrsetujuan unggah karya ilmiah))
surat persetujuan unggah karya kun.pdf Download (503kB) |
|
Text (Kun Nadhifah Mualifah (HALAMAN DEPAN))
HALAMAN DEPAN.pdf Download (582kB) |
|
Text (Kun Nadhifah Mualifah (BAB I))
BAB I.pdf Download (296kB) |
|
Text (Kun Nadhifah Mualifah (BAB II))
BAB II.pdf Download (226kB) |
|
Text (Kun Nadhifah Mualifah (BAB III))
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
|
Text (Kun Nadhifah Mualifah (BAB IV))
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) |
|
Text (Kun Nadhifah Mualifah (BAB V))
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
Text (Kun Nadhifah Mualifah (DAFTAR PUSTAKA))
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (396kB) |
|
Text (Kun Nadhifah Mualifah (LAMPIRAN))
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kreatif serta keberagaman kemandirian belajar peserta didik SMP Negeri 6 Ponorogo. Dalam pembelajaran daring, kesulitan dalam belajar matematika jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran daring yang ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel sebanyak 6 peserta didik dari kelas VII A dan VII B SMP Negeri 6 Ponorogo yang terdiri dari 2 peserta didik tiap kategori kemandirian belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari kuesioner kemandirian belajar, tes kemampuan berpikir kreatif, dan wawancara untuk mengetahui lebih dalam tentang kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran daring. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu 1) reduksi data hasil kuesioner, tes, dan wawancara tak terstruktur; 2) penyajian data; dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu 1) kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran daring peserta didik kelas VII A dan VII B SMP Negeri 6 Ponorogo pada pembelajaran daring yang memiliki kemandirian belajar tinggi memenuhi 2 indikator kemampuan berpikir kreatif, yaitu fluency dan elaboration dengan memenuhi kedua aspek penilaian indikator fluency dan elaboration secara maksimal; 2) kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran daring peserta didik kelas VII A dan VII B SMP Negeri 6 Ponorogo pada pembelajaran daring yang memiliki kemandirian belajar sedang memenuhi 2 indikator kemampuan berpikir kreatif, yaitu fluency dan elaboration namun terdapat beberapa aspek penilaian indikator fluency dan elaboration yang berlum terpenuhi secara maksimal; 3) kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran daring peserta didik kelas VII A dan VII B SMP Negeri 6 Ponorogo pada pembelajaran daring yang memiliki kemandirian belajar rendah memenuhi 2 indikator kemampuan berpikir kreatif, yaitu fluency dan elaboration namun masih banyak aspek penilaian indikator fluency dan elaboration yang belum terpenuhi secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berpikir kreatif, pembelajaran daring, kemandirian belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 02:15 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 02:58 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7022 |
Actions (login required)
View Item |