PENGGUNAAN KALKULATOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMBER SENSE: STUDI KASUS DUA SISWA SEKOLAH DASAR

Ahsani Taqwim, Alfi (2021) PENGGUNAAN KALKULATOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMBER SENSE: STUDI KASUS DUA SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Keputusan Unggah Karya Ilmiah)
Surat persetujuan unggah.pdf

Download (180kB)
[img] Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (722kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (293kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf

Download (237kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text (Lampiran-lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (746kB)

Abstract

Abstrak. Alfi Ahsani Taqwim. Penggunaan Kalkulator Untuk Meningkatkan Kemampuan Number Sense: Studi Kasus Dua Siswa Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2021. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan number sense siswa sekolah dasar yang masih rendah di tengah pentingnya kemampuan berfikir secara intuitif dan fleksibel dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki penggunaan kalkulator untuk meningkatkan kemampuan number sense siswa sekolah dasar dan peningkatan motivasi belajar number sense mereka. Merupakan penelitian studi kasus yaitu menyelidiki penggunaan kalkulator untuk meningkatkan kemampuan number sense siswa Sekolah Dasar berkemampuan matematika rendah. Subjek yang dipilih adalah siswa dengan nilai rata-rata ulangan matematika berada di kuartil terendah kelas pada tahun pelajaran 2020-2021. Ari dan Ani (nama samaran) merupakan subjek yang dipilih berdasarkan hasil wawancara dengan guru untuk mendapatkan dua siswa dengan kemampuan komunikasi yang baik. Data diperoleh dari dua sumber yaitu wawancara dan ujian tertulis. Penelitian ini menggunakan 3 tahap proses, yaitu: (1) pre-test dan diikuti wawancara pada hasil pre-test untuk mengetahui number sense yang tidak dimiliki siswa, (2) penggunaan kalkulator untuk mengembangkan kemampuan number sense siswa, (3) post-test dan diikuti wawancara pada hasil post-test untuk menyelidiki peningkatan kemampuan number sense siswa. Penggunaan kalkulator dalam pembelajaran dilakukan kepada masing-masing siswa di tempat dan waktu terpisah dengan satu komponen number sense yang diajarkan pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kalkulator sebagai alat untuk menanamkan konsep number sense mampu mengembangkan kemampuan number sense pada komponen number sense (4.1) menemukan hubungan antara pembagian dan efeknya pada bilangan; (4.2) mengenali pola angka; dan (4.3) menemukan hubungan antara perkalian dan efeknya pada bilangan serta meningkatkan motivasi siswa dalam belajar number sense. Kata kunci: Number Sense, Kalkulator, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Number Sense, Kalkulator, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 04 Oct 2021 21:46
Last Modified: 15 Nov 2021 03:55
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8231

Actions (login required)

View Item View Item