Ahsani Taqwim, Alfi (2021) PENGGUNAAN KALKULATOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMBER SENSE: STUDI KASUS DUA SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Keputusan Unggah Karya Ilmiah)
Surat persetujuan unggah.pdf Download (180kB) |
|
Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (722kB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (293kB) |
|
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Download (237kB) |
|
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
|
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
|
Text (Lampiran-lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (746kB) |
Abstract
Abstrak. Alfi Ahsani Taqwim. Penggunaan Kalkulator Untuk Meningkatkan Kemampuan Number Sense: Studi Kasus Dua Siswa Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2021. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan number sense siswa sekolah dasar yang masih rendah di tengah pentingnya kemampuan berfikir secara intuitif dan fleksibel dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki penggunaan kalkulator untuk meningkatkan kemampuan number sense siswa sekolah dasar dan peningkatan motivasi belajar number sense mereka. Merupakan penelitian studi kasus yaitu menyelidiki penggunaan kalkulator untuk meningkatkan kemampuan number sense siswa Sekolah Dasar berkemampuan matematika rendah. Subjek yang dipilih adalah siswa dengan nilai rata-rata ulangan matematika berada di kuartil terendah kelas pada tahun pelajaran 2020-2021. Ari dan Ani (nama samaran) merupakan subjek yang dipilih berdasarkan hasil wawancara dengan guru untuk mendapatkan dua siswa dengan kemampuan komunikasi yang baik. Data diperoleh dari dua sumber yaitu wawancara dan ujian tertulis. Penelitian ini menggunakan 3 tahap proses, yaitu: (1) pre-test dan diikuti wawancara pada hasil pre-test untuk mengetahui number sense yang tidak dimiliki siswa, (2) penggunaan kalkulator untuk mengembangkan kemampuan number sense siswa, (3) post-test dan diikuti wawancara pada hasil post-test untuk menyelidiki peningkatan kemampuan number sense siswa. Penggunaan kalkulator dalam pembelajaran dilakukan kepada masing-masing siswa di tempat dan waktu terpisah dengan satu komponen number sense yang diajarkan pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kalkulator sebagai alat untuk menanamkan konsep number sense mampu mengembangkan kemampuan number sense pada komponen number sense (4.1) menemukan hubungan antara pembagian dan efeknya pada bilangan; (4.2) mengenali pola angka; dan (4.3) menemukan hubungan antara perkalian dan efeknya pada bilangan serta meningkatkan motivasi siswa dalam belajar number sense. Kata kunci: Number Sense, Kalkulator, Siswa Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Number Sense, Kalkulator, Siswa Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 21:46 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 03:55 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8231 |
Actions (login required)
View Item |