ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SMA NEGERI 1 BADEGAN

Pradana, Halim (2022) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SMA NEGERI 1 BADEGAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah)
Surat Persetujuan Unggah Halim Pradana.pdf

Download (1MB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
COVER.pdf

Download (480kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (97kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (164kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI HALIM PRADANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK HALIM PRADANA: Analisis Kemampuan Numerasi pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SMA Negeri 1 Badegan. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2022. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas yang ada di SMA Negeri 1 Badegan. Subjek pada penelitian ini siswa kelas XI MIPA 4. Penelitian ini dilatarbelakangi tingkat numerasi yang masih rendah. Kemudian munculnya Covid-19 yang berdampak pada pendidikan yang mengakibatkan pembelajaran tatap muka terbatas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) Tes numerasi, untuk memperoleh hasil kemampuan numerasi siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas dan (2) Wawancara, untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai kemampuan numerasi siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas. Tes numerasi dilakukan pada 30 siswa kelas XI MIPA 4, selanjutnya dipilih secara acak 6 siswa untuk dilakukan wawancara. Teknik analisis data pada tes numerasi diambil rata-rata kemampuan numerasi, sedangkan pada wawancara menggunakan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat numerasi siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Badegan pada pembelajaran tatap muka terbatas masih dalam kategori rendah. Diuraikan kemampuan numerasi siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas yaitu terdapat 66% subjek masih kurang mampu dalam komponen komunikasi, 16% subjek kurang mampu dalam komponen matematisasi, 50% subjek kurang mampu dalam komponen representasi, 66% subjek kurang mampu dalam komponen penalaran dan pemberian alasan, serta 16% subjek kurang mampu dalam komponen penggunaan operasi, simbol, bahasa formal maupun teknis. Sehingga disimpulkan bahwa kemampuan numerasi pada pembelajaran tatap muka terbatas masih dalam kategori rendah. Kata Kunci: numerasi, tatap muka terbatas, pembelajaran daring, covid-19, matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: numerasi, tatap muka terbatas, pembelajaran daring, covid-19, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:36
Last Modified: 22 Sep 2022 03:36
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10176

Actions (login required)

View Item View Item